428 Anak Tangga Grojokan Sewu

grojokan sewu

grojokan sewu

Matahari mulai tinggi, harusnya hari semakin panas. Tapi tidak di Kota Solo saat itu, awan tebal menggantung, tinggal tunggu waktu tumpahnya. Padahal tadi pagi cerah sekali. Sampai-sampai keliling Kraton Solo yang tidak seberapa luasnya sampai bercucur keringat.

Setelah makan siang di mal, sempat bingung mau jalan kemana lagi. Trus adikku Sofia bilang “kak, aku maunya tu ke tempat air terjun yang banyak tangganya itu loh“. Ow mungkin dia pernah liat acara jalan-jalan ke air terjun di TV kali. Hm maklum lah di samarinda kan ga ada air terjun tinggi… Setelah diskusi dengan mama dan yang lain, akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Tawang Mangu karna ada wisata air terjun disana. Lokasinya juga ga terlalu jauh dari Solo, sekitar 30 km.

Baru keluar Kota Surakarta nuju arah Kabupaten Karang Anyar, hujan mulai turun rintik-rintik memberi kesan romantis. Udaranya sejuk membuat nyaman menutup mata sejenak diperjalanan. Hampir semua penumpang di dalam mobil tidur kecuali aku. Semakin lama jalan semakin menanjak dan pemandangan berganti dari perkotaan jadi pedesaan, sawah. Sawah dengan sistem teras menghiasi lereng barat Gunung Lawu sepanjang menuju Tawang Mangu. Suasana basah bikin adem mata. Asik banget. Continue reading

Libur `tlah Tiba (part 2)

Minggu Pagi : Keliling Kraton Solo

kebo bule

kebo bule

Masih jam 8.30 ketika kami masuk area Kraton. Loket masuk kraton baru buka jam 10, jadi kami hanya berkeliling dari alun-alun selatan ke utara. Di alun-alun selatan ada kandang kebo bule. Ini kebo bukan turis yang lagi main-main ke Solo, tapi memang ‘warga asli’ Solo. Seperti Gajah putih di Thailand, kerbau ini juga jenis hewan minim pigmen. Jadi warna kulitnya putih. Sepertinya sih salah satu hewan yang diskralkan di tempat ini. hm..

Perjalanan kami lanjutkan keluar area kraton untuk mencari warung makan. Karna minim local knowledge Kota Solo jelas kami tak punya banyak pilihan tempat makan yang enak apa dan dimana. Apa boleh buat, perut sudah meronta warung makan sop pinggir jalan pun jadi sasaran.

Sehabis makan kami menuju Kraton Solo (lagi) berharap loket sudah buka. Ternyata belum juga, sebentar lagi katanya. Waktu senggang ini kami manfaatkan untuk berfoto. Rara, Sofi, dan Fahmi udah duluan berfoto di sini karna mereka udah duluan ke sini pas mama dipijit tadi pagi (cerita sebelumnya).

Aku baru pertama kali ke Kraton Solo. Suasananya ga jauh beda dengan Kraton Jogja hanya saja di sini gak seramai di Jogja.

Gak lama kemudian pemandu atau sebutannya abdi dalem Kraton menghampiri kami yang sedang berfoto, menawarkan diri memandu perjalanan kami ke dalam Kraton. Oh rupanya, loket sudah buka. Di depan pintu masuk kami digabung dengan rombongan lain. Continue reading

Libur `tlah Tiba (part 1)

Libur telah usai disebagian sekolah di Jawa. Tapi tidak untuk sekolah adik-adikku di Samarinda sana. Mereka baru mulai libur minggu ini. Mereka sudah jauh-jauh hari memutuskan untuk berlibur ke Jogja sekalian nglongok kakaknya katanya. Aku sih seneng-seneng aja, karena acaranya pasti bakalan jalan-jalan 😀

I love it!

Sabtu sore, sampailah mama dan kedua adikku, rara dan sofia di Jojga.

Sabtu Sore : Berburu Buku

bagian-ku

sebagian hasil buruan

Tiba di Bandara, kubawa mereka menuju rumah singgah. Pikirku mereka pasti capek, butuh istirahat sebentar, meluruskan badan setelah berjam-jam duduk diperjalanan. Ternyata si bungsu sofia minta langsung jalan-jalan. Ya sudah deh, akhirnya kami rapat dulu mau kemana sore itu, trus memutuskan akan ke toko buku saja.

Sejak rencana berlibur di Jogja, si rara yang kutubuku membuat daftar panjang buku yang mau dia beli di sini. Engga salah sih, karna Jogja emang tempatnya buku murah.

Mama gak membatasi jumlah buku yang dibeli. Kami diminta mengira-ngira sendiri total harga buku yang akan dibeli dengan butget yang sudah disepakati sebelumnya. Anak-anak pun liar kesana kemari berburu buku. Perburuan kami di toko buku diakhiri oleh azan magrib. Tidak kurang dari 8 buku diborong. Dari buku anak sampai buku memasak. Hm..lumayan untuk bekal perjalanan panjang liburan mereka 🙂

Usai magrib kami rapat lagi. Merencakanan perjalanan esok hari. Selain berlibur ada acara lain yang diagendakan. Mama mau berobat stroke dan sisa sakit jantungnya ke Solo. Akhirnya kami putuskan pergi ke Solo pada hari berikutnya. Continue reading