Memaknai Kelana

Kelana adalah nama yang kami berikan untuk anak pertama kami. Arti namanya tak perlu diragukan lagi, jelas dengan gamblang Kami, orang tuanya, ingin Kelana berkelana. Melangkahkan kaki jauh menyeberangi samudera, berkelana sampai ujung negeri China.

Kami ingin Kelana menjadi manusia yang tidak ragu meninggalkan rumah untuk belajar hal-hal baru dari luar dunia sana.

Kami ingin Kelana memaknai setiap langkahnya untuk memperluas wawasan dan memperdalam keimanan kepada-Nya. Berkelana dengan mata dan hati untuk menerima hal baru kemudian merefleksikannya untuk memperkuat keimanannya.

Kami ingin Kelana menjadi pemimpin untuk dirinya melangkah, menyuburkan silaturahmi, menyebar benih ilmu pengetahuan yang dia miliki, menyianginya dengan kasih sayang dan semangat toleransi antar umat beragama seperti yabg diajarkan Rasullullah.

Seperti kata Ali bin Abi Thalib ra.
Wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudera tempat banyak ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nakhoda perjalananmu; dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan”.

Cukuplah Al Quran dan hadist jadi pedoman, jangan lupa selalu bawa kompas dan peta, GPS bila perlu. Tapi umi sih yakin jaman kamu mulai berpetualang nanti mungkin GPS, peta, dan kompasmu sudah dalam bentuk hologram yang disimpan dalam kapsul di jam tanganmu :) 

Oya, jangan lupa selalu buat catatan harian, email-kan ke umi dan abah ya!

Salam sayang,

Abah&Umi

This entry was posted in Family and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

One thought on “Memaknai Kelana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s