Ayah Hebat

“Attachment tidak bisa dinikmati hari ini, dia (attachment.red) harus dibangun sekarang tapi dinikmati nanti, belasan tahun lagi”, kata dr.tiwi dalam parenting class Ayah Hebat bulan Juli lalu.

Dr. Tiwi adalah dokter anak yang sehari – hari berpraktek di RS. Bunda Menteng, Jakarta. Bukan kebetulan saya pilih dr. Tiwi jadi dokter Kelana, anak saya. Atas rekomendasi dari @ID_AyahASI, kebetulan RS tempat praktek beliau tidak jauh dari rumah, dan ternyata asuransi kesehatan Kelana bisa diterima di RS. Bunda maka berjodohlah kami🙂

Kelas parenting ini agak beda karena sebagian yang datang berwajah sangar, tegas, dan berjenggot alias bapak-bapak. Mengangkat judul Ayah Hebat, seminar yang digagas dr. Tiwi ini cukup sukses mengundang para ayah kecebur ikut seminar. Saya yakin menyeret para ayah ikut seminar parenting pasti sama sulitnya dengan meminta ayah menceboki anaknya. Tapi saya yakin pula setelah kelas parenting “Ayah Hebat” ini bapak-bapak brewokan, sangar, dan kekar ini akan dengan sukarela membersihkan pup anaknya, bermain dengan anak jadi lebih penting daripada bermain gadgetnya, dan bahkan ke bengkel pun mengajak serta anaknya demi menyandang predikat Ayah Hebat.

Ayah mana yang tidak hebat buat anaknya, anyway🙂

Pastilah masing-masing ayah punya definisi hebatnya sendiri. Bahkan dalam seminar Ayah Hebat ini pun tidak di definisikan. Namun demikian, dr.Tiwi dan mbak Ratih Ibrahim sebagai pembicara ditambah dengan guyonan ala @ID_AyahASI-nya Mas Rahmat Hidayat memberikan kisah mereka masing-masing, membagikan ilmu mereka kepada kami, yang kemudian kami sepakat ayah hebat adalah ayah ayah yang ada untuk anaknya.

Abah, demikian dia dipanggil. Ayah yang satu ini hebatnya luar biasa. Sejak awal Kelana lahir sampai sekarang tidak canggung dia gendong, mandikan Kelana, dan meskipun jijik berat dengan pup Kelana tapi bila diperlukan pasti dia turun tangan membersihkan. Tapi ayah hebat kan tidak selesai sampai disitu, ada hidup yang harus dijalani, ada nilai nilai yang harus diberikan, dan teladan baik yang harus dicontohkan pada Kelana. Saya rasa dia sudah melakukan itu semua.

Lewat abahnya, Kelana belajar menjadi lelaki sejati. Kelana mencontoh bagaimana lelaki seharusnya memperlakukan perempuan. Abahnya tegas tapi penyayang, ringan tangan membantu pekerjaan rumah dan gagah berani mengusir tikus :p

No body is perfect, yes banget. Disamping teladan baiknya tentulah ada kekurangan. Ayah mana yang tidak punya sifat sembrono dan cuek? Ayah yang satu ini pun lelaki yang demikian. Tapi rupanya sembrono dan cuek tadi itu yang menyeimbangkan. Dari abahnya, Kelana belajar bahwa nanti hidup yang dia jalani tidak berisi kesempurnaan. Kesalahan kesalahan kecil mungkin wajar dilakukan tapi tidak untuk diulangi.

Terima kasih Abah Kelana sudah menjadi partner saya melakukan semua ini. Do the parenting together. Mengasuh Kelana tanpa kamu pasti berat. Semoga Kelana tumbuh menjadi anak yang jiwanya penuh karena kita berdua mengisi dengan kebaikan dan kasih sayang. Terima kasih Abah Kelana, sudah ada buat kami.

*Selamat hari perkawinan kita @kffaisal

This entry was posted in Diary, Family and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s