Self Healing : Hidup Sehat dan Bahagia

Hidup di kota besar tidak sehat seperti Jakarta memang sangat sangat menantang tubuh kita beradaptasi semaksimal mungkin dengan bakteri virus dan penyakit yang ajaibnya suka tiba tiba datang. Kalau tidak pintar-pintar merawat diri bisa-bisa dilahap penyakit.

Penyakit kan awalnya datang karena daya tahan tubuh menurun, daya tahan tubuh menurut saya sangat tergantung pada asupan yang masuk ke tubuh. Dalam hal asupan makan, selama ini saya merasa cukup bisa menjaga. Well, memang tidak sehat sehat amat tapi saya jaga otak saya tetap waras saat memutuskan mau makan apa. Saya juga berolah tubuh, biasanya saya lari sore. Tapi menjaga makan dan olah raga aja tidak cukup. Ada batin yang stres karena tekanan pekerjaan, ada pikiran yang lelah karena macetnya jalanan pulang Kantor, yang jika tidak diolah akan menjadi racun buat tubuh. Untuk itu saya merasa perlu tau bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap seimbang, tetap tegak berdiri kala racun bernama stres mulai menggelayuti pikiran, sehingga tidak kebablasan migraine atau flu.

Tepat sebulan lalu saya ikut kelas self healing Reza Gunawan di klinik True Nature. Infonya saya dapat dari opini kawan di twitter, lebih detil kunjungi blog rezagunawan.com. Saat itu instrukturnya Mbak Diwien. Mbak Diwien adalah salah satu terapis pengobatan holistik (kalau tidak salah begitu istilahnya) yang saat ini berpraktek di Klinik True Nature. Kelas self healing dikondisikan tenang, adem, dan tercium aroma lembut di ruangan. Peserta hanya terdiri dari 6 orang. Salah satu pesertanya berasal dari Kalimantan Selatan. Luar biasa ya, kesehatan mahal harganya. Ketika ditanya alasan ikut kelas self healing dia bilang, sudah frustasi dengan obat-obatan dari dokter tapi penyakitnya datang lagi datang lagi.

Saya percaya, ada bagian dari tubuh kita yang tidak tersentuh obat obatan kimia, sehingga penyakit tidak mau pergi atau mudah menyerang. Saya mulai percaya bahwa tubuh punya mekanisme menyembuhkan diri dari penyakit. Saya belum sampai pada tahap anti obat, tapi sejak hamil 2,5 tahun lalu, saya biasakan untuk tidak mudah mengkonsumsi obat untuk kebaikan janin dan tentu tubuh saya sendiri. Hasilnya apa, selama hamil 39 minggu saya tidak menderita keluhan batuk pilek sakit kepala dan lain sebagainya. Saya pikir malah selama hamil itu adalah performa terbaik tubuh saya. Berdasarkan pengalaman itu, saya teruskan untuk menjauh dari obat-obatan. 

Kelas dimulai dengan melakukan keheningan. Saya hanya mengikuti instruksi dari Mbak Diwien untuk duduk rilex, mata terpejam, trus udah aja. Seperti meditasi, tapi ini sih bebas mau mikirin apa bahkan gak mikir apa apa juga boleh. Menurut saya hening ini dimaksudkan untuk memfokuskan apa yang mau kita pelajari di kelas ini sekaligus membuat badan jadi lebih rilex. Setelah itu mulailah Mbak Diwien menjelaskan dasar teori sehat holistik. Persis dengan apa yang dijelaskan oleh Mas Reza Gunawan di channel youtubenya. Beberapa hari sebelum ikut kelas, saya tonton video Mas Reza, saya catat hal hal yang tidak jelas dari paparan di videonya, kemudian saat kelas saya tanyakan ke Mbak Diwien.

Selesai dengan teori, masuk ke inti latihan self healing yaitu Daily Energy Routine (DER). DER diajarkan pertama kali oleh pakar praktisi holistik, Donna Eden. DER berprinsip mengembalikan energi (positif) yang hilang, atau membangkitkan energi untuk modal aktivitas kita. Kira kira demikian singkat pengertiannya. Sesuai dengan namanya, daily, berarti gerakan-gerakannya dilakukan harian, tiap hari. Bahkan kata Donna Eden di salah satu seminarnya, lakukan sesuai kebutuhan misalnya tiba-tiba merasa tertekan, stres, atau apapun yang membuat tubuh tidak nyaman dan lost energy. Atau begini, jika anda merasa sering pusing, migrain, lemas, hilang keseimbangan, tidak konsentrasi sepanjang hari, nah berarti anda perlu lebih melakukan DER.

Gerakan DER bisa dipelajari dan dilakukan siapapun dalam posisi duduk, berdiri, atau tiduran. Bahkan bisa dilakukan tanpa orang tau bahwa kita sedang melakukan DER. Kemudian saya perkaya apa yang sudah didapat dalam kelas dengan menonton seminar self healing Donna Eden dari video, rupanya ada modifikasi gerakan namun tidak berbeda fungsinya secara prinsip.

Selain DER, kita diberikan salah satu teknik Jin Shin Jyutshu yaitu Magic Finger (MF). Dalam praktek MF di kelas betul betul dikondisikan tenang dan rilex. Lampu diredupkan, musik damai dihidupkan, mungkin ini satu satunya kelas dimana kita diperbolehkan tidur🙂

Kelas self healing disini hanya stimulan, latihan singkat, dan buat saya tidak berefek langsung saat keluar kelas. Selepas kelas ini kita malah punya “hutang” untuk melakukan DER+MF tiap hari selama 30 hari tidak boleh putus. Dan hari ini tepat 30 hari setelah kelas dan saya ‘lulus’ tantangan DER+MF nya. Apa yang dirasa? Yang paling terasa adalah saya jadi haus melulu otomatis jadi nyari air putih terus dan jadi pipis pipis terus alias beser (makasi looooh.. heuheu). Kata Mas Jefry, salah satu terapis True Nature yang saya kenal, efek yang saya alami cukup wajar mungkin selama ini tubuh saya menderita dehidrasi akut yang tidak disadari. Ditambahkannya, terusin latihan DER dan MF-nya, kedepan akan banyak ‘kejutan’. Well, kejutan apapun itu intinya, saya siap menyongsong hari dengan lebih sehat, lebih terkendali, dan lebih bahagia.🙂

This entry was posted in Kesehatan, Komunitas and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

3 thoughts on “Self Healing : Hidup Sehat dan Bahagia

  1. Mbak… Mau tny nih, pernah baca katanya self healing model spt yg mbak tls diatas arahnya bisa menjurus ke syirik… Gmn mnurut mbak thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s