Belitung – City Escape

Beberapa malam lalu saya “berhasil” bercerita liburan singkat saya, suami, dan anak ke Belitung. Menunggu waktu untuk menulis blog panjang-panjang tampaknya saat ini sudah sulit saya dapatkan. Untung ada twitter🙂

Ini dia ceritanya dengan sedikit tambahan catatan untuk memperjelas.

1. Udh lama pengen ke #belitong tp waktu dan uang blm klop. Tgl 23 nov akhirnya kejadian juga tripnya. 3hari2malem
2. Saya sebut ini city escape, liburannya ke #belitong cuma 3 hari 2 malam ala2 backpacker. Semua ongkos dihitung matang
3. Beli tiket ke #belitong, tujuan #TanjungPandan (TJQ). Pilihannya cm batavia/sriwijaya
4. Saya beruntung, hari itu harga tiket CGK-TJQ PP 650rb. (Murah. bertiga, 2 dewasa 1 bayi total 1,650K)
5. Si Kecil ikut, ga masalah. Usia Kelana 14bln, usia ini paling sip krn udh bisa jalan dan harga tiket msh 10% :p #belitong (total tiket bayi PP 220ribu)

6. Saya pilih penerbangan pagi jam 9. Sampai di #TanjungPandan kl ontime jam 11 pagi lgs jalan2 keliling #belitong
7. Tujuan utamanya ke #belitong adl pantai #TanjungKelayang ,pantai #TanjungTinggi , dan keliling pulau2 kecil
8. Pantai2 yg tadi disebut itu adl pantai2 populer krn batu2 granitnya #belitong #TanjungKelayang #TanjungTinggi
9. Tahan dulu ke pantai dihari pertama. Puas2in keliling #belitong sampai ke kampungnya Andrea Hirata di #Gantong dan ngopi2 di #Manggar
10. #Gantong ada di Kab.Belitung Timur kampunya Ahok😀, sekitar 60menit naik mobil dr #TanjungPandan #belitong
11. Penggemar novel Laskar Pelangi pastilah tdk asing dg nama2 tempat yg saya sebutkan td #TanjungPandan #Gantong #Manggar #Belitong :)
12. Menikmati sepinya jalanan mulus #belitong, ditengah rintik hujan hy ada mobil kami jadi rada horor hehehe.. (Sewa mobil + supir 350ribu/hari)
13. Jelang magrib kembali ke #TanjungPandan, menepi ke mesjid raya Ash Syura, adeem.
14. Saya pilih nginep di cottage murmer #TanjungKelayang, cukuplah bintang di langit kemewahannya #belitong :D (cottage 200ribu/malam)
15. Biarlah jauh dr kemewahan, tp dekat dg pantai saat bangun pagi ini adl “kemewahan” lain :)) *hiburdiri #TanjungKelayang #belitong
16. Stlh sarapan “mewah” indomi dan roti, kami berjemur matahai. Hari ke2 agendanya keliling pulau, berenang2 cantik& snorkeling #belitong (makan harga wajar)
17. Jam 9 teng kapal sewaan kami dari #TanjungKelayang berangkat. #belitong
18. Pemandangannya hanya satu, batu besar bertumpuk tumpuk menyerupai rupa2. (sewa kapal 400ribu seharian, diantar ke semua pulau disekitar Tanjung Kelayang) #PulauBurung #BatuGaruda #PulauLengkuas #PulauKayangan
19. Hy satu titik snorkeling yaitu di sekitar #PulauLengkuas. Disini banyak ikan2 kecil dan sedikit terumbu karang :) #belitong (perlatan snorkeling kami bawa sendiri, kalau sewa 50rb masker + snorkel + pelampung)
20. Kelana dan Abahnya melempar makanan dari kapal, saya dikepung ikan2 yg kelaparan. Kelana tertawa2, seru :D #PulauLengkuas #belitong (jangan lupa bawa makanan, biasanya roti untuk beri makan ikan)
21. Agak ngeri berenang di laut yg sdg berombak. Maka hal penting lain yg perlu dicatat adl pantau ramalan cuaca sblm berlibur #belitong (walaupun sangat menyenangkan berenang di laut tanpa “gangguan” pelampung, sebaiknya gunakan pelampung saat laut sedang berombak)
22. Naik ke kapal dg tubuh oleng kelelahan, kami lanjutkan perjalanan ke #PulauBurung #belitong
23. Harusnya di #PulauBurung ini kt istirahat, lunch, santai2. Tp makanan kami sdh habis buat ikan2 tadi #beliton
24. Sisa perjalanan keliling pulau kami habiskan utk foto2 batu cantik #belitong, bersantai di kapal menyusui Kelana yg sdh waktunya tidur siang
25. Sorenya kami merapat ke pantai #TanjungTinggi. Rupanya ini si batu2 yg masuk tv :) #belitong
26. Yap, ini lokasi si Mahar dan laskar pelangi berlarian ditengah batu #belitong #LaskarPelangi #TanjungTinggi
26. Makin sore makin ramai orang datang ke pantai. Mereka berenang, main pasir, foto2 di batu, berperahu karet #TanjungTinggi #belitong
27. Menutup hari terakhir di #belitong kami makan malam di warung Mie Atep di kota #TanjungPandan
28. Puas hari itu, setelah kenyang dg Mie Atep kami kembali ke cottage tepi pantai. Packing pulang #belitong

28. Si Kelana suka banget main air, jd piknik ke #belitong ini puas mandi2 di pantainya yg superb bening http://t.co/gK7cfIbt (Jangan lupa pakaikan selalu sun protection khusus utk anak/bayi sebelum beraktivitas)

29. Piknik “mewah” di bebatuan pantai #TanjungKelayang #belitong http://t.co/6PNDJGdu

30. Ini cottage murah meriah pinggir pantai #TanjungKelayang #belitong. Waspada agas dan nyamuk :( http://t.co/A3VsHSSn (pake minyak kayu putih selalu!)
our cottage 31. Batu2 ini mengingatkan ikal dan kawan2 laskar pelangi berpose disana #Belitong #TanjungTinggi http://t.co/YN7M2YnP
Pantai Tanjung Tinggi 32. Rumah adat #Belitong lokasinya di kota #TanjungPandan bertetangga dg rumah dinas bupati kab.Belitung http://t.co/3KYOXpa2

rumah adat belitung

33. Foto underwater #Belitong di #PulauLengkuas belum dirilis. Malah belum dicetak, krn pake kamera film fisheye lomo :p

Yaudah segitu aja cerita dan foto2 #Belitong. Semoga makin pengen ke sana😀

One thought on “Belitung – City Escape

1. hai trims sdh buat catatan pnjg soal belitong. Kebetulan saya dan kel mau trip kesana juga jg. Kebantu bgt sm blig km. Mau tanya dunk, sewa kapal 400rb itu seharian dan hny mengantar kita sajakah? Bisa dadakan gt yah sewanya? Trus dari tjg pandan menuju tjg kelayang berapa lama? Trims yah salam kenal….