Model Dinamika Spasial versus Model Spasial Dinamis

Mari kita telaah,

TATA KATA
saat membaca “model spasial dinamis” maka yang terlintas adalah sebuah gambaran analisis yang dimodelkan dengan data spasial berdasarkan variabel tertentu, yang mana bila variabelnya diubah akan mengakibatkan perubahan terhadap model spasialnya.
Kemudian, ada juga istilah “model dinamika spasial” yang terbayang adalah ada sebuah variabel yang diindikasi menyebabkan sesuatu, kemudian dihitung dengan algoritma tertentu, sebagian hasilnya ditampilkan kedalam rupa spasial dan sebagian lain berupa analisis-analisis kualitatif hasil kolaborasi variabel yang disertakan.

Apa bedanya?
Dua istilah ini bukan sekedar berbeda tata letak kata. Kata tengah biasanya menunjukkan “informasi utama” maka begitu pula istilah “model spasial dinamis” dan “model dinamika spasial”. Menurut saya dua istilah ini berbeda berdasarkan kegiatan utama yg dilakukan.

Saya berpikir “model dinamika” yang “dispasialkan” terlalu rumit karena membaca variabel peubah dalam model digambarkan bak ranting pohon meliuk liuk dan bercabang banyak yang harus diteliti ini menyebabkan itu-nya. Kerumitan ini membuat saya sulit fokus dengan tujuan utama analisis “model dinamika” yang “dispasialkan”. Maafkan kekurangan saya yang satu ini (disamping kekurangan yang lain).

Lebih mudah bagi saya membayangkan akibat yang timbul bila sebuah polygon dioverlay dengan polygon/ polyline tertentu dengan pertimbangan poin poin disekitarnya. Ini yang saya maksud dengan “model spasial dinamis”. Tentu kawan-kawan saya yang cerdas berpikir tidak sedangkal ini๐Ÿ™‚

Hehehe
maafkan bila variabel, istilah, dan olah kata saya membingungkan. Ini adalah kekurangan saya yang lain. Terima kasih sudah membaca tulisan tidak penting ini, saya hanya sedang bingung.
*biggrin*๐Ÿ˜€

One thought on “Model Dinamika Spasial versus Model Spasial Dinamis

Leave a Reply

