Saya dan Kisah Menyusui

a taste of mother

Dibalik “seni” menyusui yang indah, tersimpan pengalaman menyusui yang “indah banget” hehehe.. (naga naganya ga enak). Kalau liat di majalah, buku buku menyusui, dan iklan layanan masyarakat tentang menyusui, pasti ada foto ibu yang nyusui bayinya, trus si ibu itu senyum maniiiis banget. Mereka mau menunjukkan kalau kegiatan menyusui itu saling membahagiakan, ibu maupun bayinya. Ini bener, banget. Saya gak nyangkal sama sekali karena saya juga merasakan hal yang sama indahnya, sama senangnya, dan sama sakitnya. Loh kok sakit? Hehehe ini yang mau saya ceritain nih🙂

Udah pada taulah ya kalau ASI itu udah yang paling bagus buat bayi. Tapi belom pada taukan kalau ternyata menyusui itu gak gampang (awalnya)? Saya gak niat nakut nakutin pembaca dengan cerita yang serem serem (ya karena emang bukan cerita horor hehehe), saya mau bagi pengalaman saya dan gimana saya ngatasin keadaan keadaan susah selama nyusui bayi saya 8 bulan ini (mudah mudahan bisa sampe dua tahun, amiin).

KURANG TIDUR

Pertama kali menyusui emang rasanya (sok) asik banget. Sentuhan sama bayi, elus elus kepalanya, ngerasain ubun ubunnya turun naik, dunia milik kita berdua deh pokoknya. Tapi kondisi pasca melahirkan sangat sangat menguras tenaga. Pola tidur bayi belum terbentuk, hampir tiap jam bangun menyusu membuat kekacauan waktu istirahat saya. Apalagi dua minggu setelah melahirkan suami udah mesti balik kerja jauh. Maka mengurus bayi sendirian bikin stres dan sakit kepala karena kurang tidur.

Kondisi seperti ini rentan banget kena sindrom baby blues. Gimana cara ngatasinnya?
Bayar kurang tidur malem dengan tidur pagi dan siang.
Supaya saya gak terlalu capek karena sering bangun tengah malem buat menyusui, saya belajar menyusui sambil tiduran dan tidur bareng satu kasur dengan bayi.

Waktu itu saya benci banget sama yang namanya mitos. Tetangga dan temen saya bilang ibu yang baru melahirkan ga boleh tidur pagi, nanti matanya buta. What?! Ya buta matanya kalo pas tidur matanya dicolok! Beberapa bilang ga boleh menyusui sambil tiduran ntar ntar bayinya muntah/gumoh. Ya muntah/gumoh gapapa juga sih, normal normal aja, yang penting abis nyusu bayinya disendawain aja. Menyusui sambil tiduran ini gak apa apa banget yang penting posisi ibu dan bayinya bener, latch on oke, kepala bayi gak miring miring, dan sebagainya. Belajar beberapa posisi menyusui supaya kita gak terlalu capek nyusui duduk terus.

Saya lebih menghargai bantuan kecil seperti masakin makanan kesukaan saya, atau bantu jagain bayi saya saat saya mandi atau makan ketimbang ngasih tau mitos2 gak penting yg tidak membangun dan membantu. Go on, mom!

SALAH POSISI MENYUSUI

Namanya juga baru belajar menyusui (sampe sekarang juga masih belajar), kadang tiap abis menyusui pinggang saya pararegel, atau leher sakit, lama lama merambat sakit kepala. Ini gara gara salah posisi atau posisi menyusui tidak tepat. Cape deee..

Bayi kalau udah ketemu nenen, bisa bisa sampe 20-30 menit. Bahkan kadang kadang lebih kalau dia ngempeng nenen ngerasa nyaman. Nah, kalau dari awal menyusui posisinya udah salah, akibatnya ya pegel pegel. Daripada sakit sakit badan gara gara salah posisi, akhirnya saya siap sedia bantal bantal kecil di kasur. Gunanya buat sangga sana sini, terutama punggung, leher, dan lengan. Supaya gak sakit leher dan pinggang waktu nyusui sambil tiduran, saya tukar tukar sisi. Misalnya si bayi udah selesai nyusu disebelah kanan, saya langsung pindah sisi ke kiri bayi dan tidur terlentang supaya kalo si bayi minta nyusu saya udah siap hadap kiri grak! :))

DEHIDRASI

Sering nih lagi asik asik menyusui, tenggorokan rasanya keriiiiing banget. Haus beud kata anak muda jaman sekarang mah. Tenggorokan kering ini karena saat menyusui dan seringnya menyusui sampai berkeringat (malah kadang2 sambil nahan pipis hahaha nikmat ya) membuat cairan ditubuh tidak seimbang karena kurang asupan cairan yang diterima tubuh. Udah pada tau lah yaa.. ini namanya gejala dehidrasi.

Gak tiap saat ada yang nemenin di rumah untuk urus bayi. Bahkan kadang2 saya sendirian (berduaan doang dengan bayi) di rumah. Beberapa kali saya mengalami sakit kepala saking hausnya, sumber air jauh dari tempat menyusui.

Karena beberapa kali mengalami haus luar biasa sementara si bayi masih asik menyusu, ya udah akhirnya saya selalu siapin gentong air didekat tempat biasa saya menyusui (sambil bilang “sekarang sumber air so dekaaat..beta tak kan haus lagi eh” :)))

Hehehe..

Gimana ibunya gak kehausan ya, si bayi aja mengisap ASI bisa 200ml sekali menyusu, dan perhari bisa 10-12x menyusu. Makanya paling tidak, busui (ibu menyusui) butuh 3 liter cairan per hari (WHO). Air putih ya ibu ibu… Jus dan kuah sayur boleh juga. Tahan tahan dulu minum soda dan kopi, karena dua minuman itu sifatnya diuretik atau menahan cairan. Bikin tambah hauuuus. (tapi gak tahan pengan ngopiiii…konsekuensinya ya minum air putihnya lebih banyak lagi dan itu berarti bakalan lebih sering pipis hehehe)

TEGANG DAN STRES

Stress adalah minggu pertama sampai setidaknya sebulan menyusui puting susu saya lecet. Awww!! Tiap waktunya menyusui saya tegang minta ampun, stress minta ampun nahan sakitnya. Udah serba salah aja pokoknya. Diisep bayi sakit, gak nyusuin malah dobel sakitnya karena payudara bengkak, sakit maning hedeeeh..

Ketegangan saat menyusui karena puting lecet ini menyebabkan sakit kepala luar biasa. Semacam aliran darah melambat, sakit dibelakang kepala, merambat kedepan, nyut nyutan di dahi, kemudian sakit disemua bagian kepala fufufufu…

Menderita sekali ya awal awal menyusui. Disini nih ayah ayah memegang peranan penting, lebih penting daripada cari duit hehehe.. Satu satunya cara meringankan penderitaan ibu ibu pasca melahirkan yang kesakitan menyusui adalah PIJITIN!! :))

Serius.

Kompres tengkuk leher dengan air hangat, trus dipijitin kepala, pundak, punggungnya tu bagaikan oase ditengah padang pasir (haha lebay sekali).
Sambil pijit sambil cerita pengalaman ibu ngasuh bayi seharian sama si ayah, ih sesuatu banget deh.

Pijit bikin rileks, curhat sama ayah bikin ringan beban jadi orang tua baru, sakit kepala juga males balik lagi liat ayah dan ibu akur begini hehehe..

Kalau udah dipijitin tetep sakit sangat mengganggu ya minum obat sesuai saran dokter. Hati hati mengkonsumsi obat karena sedang menyusui. Saya jaraaaaaang banget minum obat kalau “cuma” sakit kepala. Saya lebih pilih tidur dan salon saja hehehe..

Nah, biasanya abis dari salon baru deh bisa menyusui sambil senyum senyum lagi kaya iklan iklan menyusui di majalah hahaha..

Happy breastfeeding, Mom.
Menyusui 6 bulan harus, dilanjut 2 tahun lebih baik🙂

14 thoughts on “Saya dan Kisah Menyusui

  1. Saya bgt tuh mbak, baby khalila tgl 8 agust, msk umur 6 bulan. alhamdulillah asiX. waktu hamil ga sabar ingin menyusui dan rasanya persis yg mbak ceritain-saking skit ampe nangis . tp tenang buat ibu2 dan calon ibu sakit hanya diawal2 aja, satu lg pegelnya yg ga kuat ampe usia 5 bulan kemarin. Tp smua itu kenikmatan tersendiri dan berkah dr Yang Maha Kuasa.

  2. Wah ceritanya kog sama ya.bedanya suami saya ad.asli stress beradaptasi dg keadaan itu.tapi lelah terasa lenyap kalo dah lht wajah sikecil.anak sya 22 nov usia 4bln.

    • hm saya juga ga tau sebabnya. mungkin posisi bayinya saat menyusui tdk nyaman yg menyebabkan “lebih mudah” gumoh. sebaiknya konsultasi ke dokter kalau gumohnya sangat mengganggu🙂

  3. Tulisaannya baguus banget, bunda.. Menyusui penting bagi ibu, anak dan keluarga. menyusui meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.. menyusui adalah baik.. kurang dukungan dan informasi menyusui membuat masyarakat menganggap menyusui dan susu formula sama. kami membuat web bertujuan meningkatkan informasi dan kesadaran untuk menyusui. silahkan kunjungi: http://www.menyusui.info

Leave a Reply

