Berkicau tentang Wakatobi di Twitter

Akhirnya akhirnya… aku yg tadinya hanya penikmat twitter sekarang mencoba berkicau juga. Gara-gara ngikutin tweetnya trinity si naked traveler (@TrinityTraveler) yang sekarang sedang berada di wakatobi dan update laporan terkininya dari sana, aku jadi ingat perjalanan ke wakatobi setahun lalu.
Sebenarnya ceritanya sudah published di blog ini secara bersambung (category : wakatobi), tapi rasanya cara bercerita ala twitter yang hanya 140 karakter membuat cerita ini menjadi beda. Beberapa detil yang terlewat di cerita blog tercover di kicau-an twitter.
Memulai cerita dari pukul 10.00 wita akhirnya part pertama dari keseluruhan cerita wakatobi-ku selesai pada pukul 13.30, plus break 30 menit utk sholat dzuhur dan internet yang lemat lemot hehe… Tak taulah berapa orang yang mengikuti cerita ini, terima kasih, semoga berkenan. Maaf jika ada beberapa kata salah ketik, semoga maksudnya sampai. Silakan dikoreksi juga bila ada informasi yang salah.
Buat teman2 yg gak nge-tweet jangan kuatir. Sudah kusiapkan transkripnya di post ini. Maka, ini lah kicauan wakatobi bagian pertama hari ini (15-09-2010; 10.00-13.30)
  1. Oktober 2009, saat mana teman2 berburu tes CPNS sana sini, saya brgkt ke #wakatobi
  2. Tujuan perjalanan adh survey utk penelitian “Pemetaan Partisipatif Pengelolaan SD-Pesisir&Laut” #wakatobi
  3. Terbang dr Jkt menuju Kendari (KDI) transit di Makassar (MKS) #wakatobi
  4. Tiba di KDI hari sudah senja, diputuskn utk bermalam di KDI semalam. Kbtulan ada rumah ortu rekan di KDI *ngirit ongkos #wakatobi
  5. Sambil mengumpulkan info how to get #wakatobi malam itu keliling kota, berhenti ditepi laut menikmati saraba yg hangat & nikmat #wakatobi
  6. Saraba adl minuman sejenis bajigur. Komposisinya susu dan rempah2, minuman khas makassar #wakatobi
  7. Kembali ke cerita, perjalanan masih panjang kawan. Dari KDI harus pula berlayar ke P.Buton sebelum sampai di #wakatobi
  8. Besoknya, jam 7 pagi menuju P.Buton dg longboat. Tiketnya 35rb (saat itu) sdh dg asuransi 3rb rupiah😀 #wakatobi
  9. Perjalanan KDI-BTN ditempuh slma 5 jam transit di P.Muna. #wakatobi
  10. Sblm merapat di P.Muna ada gelombang tinggi krn pertemuan arus, dan buat saya, gelombang ini memabukkan #wakatobi
  11. Alhamdulillah nyampe di Buton dg selamat #wakatobi
  12. Bulan itu laut sedang teduh, tp seminggu setelah sy meninggalkan #wakatobi angin barat datang, gelombang tinggi bikin deg deg an(mgg terakhir oktober)
  13. Ini Buton, Kawan. Belom nyampe #wakatobi. Masih ada 1 kali pelayaran lagi utk sampai ke P.Wangi-Wangi (pulau terdepan #wakatobi)
  14. Nyampe di BTN pukul 12an siang. Kapal ke Wanci (Ibukota Kec.Wangi2) brgkt pukul 9 malam #wakatobi
  15. Siang itu juga hunting tiket kapal. Dapat tiket dg Kapal UKI Raya III seharga 135rb lagi2 sdh dg asuransi dan tax #wakatobi
  16. Kapal UKI Raya III berangkat tiap hari dr BTN-Wanci pukul 9 malam #wakatobi
  17. Kapal kayu besar, ada 2 dek. Atas dan bawah. Di atas sebagian ada 4 kabin kamar masing2 dg 4 ranjang tingkat #wakatobi
  18. Sementara sisa ruangan dek kapal adl ranjang panjang dan besar utk penumpang kelas ‘ekonomi’ dg tiket seharga 80rb #wakatobi
  19. Pikirku, tidur di kamar begini aja angin masih terasa kencang, aplg tidur di dek ekonomi “bbrrr..” #wakatobi
  20. Malam itu seperti tidur di ayunan bayi. Kapal yg lajunya paling2 hanya kisaran 50-60 km/jam dibuai riak ombak kecil #wakatobi
  21. Menurutku lebih nyaman naik kapal kayu seperti ini dibanding naik speedboat yang terbuat dari fiber #wakatobi
  22. Sebenarnya akses ke wakatobi bisa juga lewat udara dengan maskapai Susi Air yang sekali terbang mengangkut 12 penumpang. Harga tiketnya berkisar 300ribuan/orang #wakatobi
  23. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, itu pun belum tentu kebagian terbang karena jatah kursi habis. Prioritas utk Pegewai Pemerintah #wakatobi
  24. Pilihan berlayar adalah yang paling bijaksana untuk perjalan kami karena budget yang terbatas #wakatobi
  25. Kl boleh membandingkan, ongkos ke #wakatobi jauh lebih murah dibandingkan ke #derawan
  26. Di Sulawesi, transportasi laut artinya hemat dan merakyat. Sementara di pulau sebelah, trnsportasi laut artinya mahal dan eksklusif #wakatobi #opini
  27. Kembali ke cerita, jam 5.30 pagi petugas membangunkan sembari mengecek tiket penumpang #wakatobi
  28. tiket kapal jgn sampe hilang kl gak mau buang ke laut sm petugas *galak #wakatobi
  29. kami disambut daratan (yg ternyata masih jauh). Baru pukul 6 lebih kapal merapat di pelabuhan Wanci #wakatobi
  30. Penjemput dan tk.ojeg berjajar menanti penumpang turun dari kapal #wakatobi
  31. Belum ada angkot di Wanci, adanya hanya ojek kemana-mana 3 ribu #wakatobi
  32. Penginapan favorit di #wakatobi adl Hotel Wakatobi, semalamnya sekitar 300rb
  33. Tetapi hotel ini bukan tujuanku (lagi2 ngirit) #wakatobi
  34. Selama di Wanci aku tinggal di rumah sodaranya Yaya di dekat pelabuhan wanci #wakatobi
  35. Rumahnya nyaman, separo beton separo kayu, panggung. Hlmn belakang langsung menghadap laut dan kau tau apa, sunset! #wakatobi
  36. teh panas dan pisang goreng yang juga masih panas sudah sedia dimeja untuk sarapan. Menu inilah yang menjadi utama untuk sarapan selama kami di Wanci #wakatobi
  37. Belakangan aku baru tau kalau harga pisang di #wakatobi dihitung per buahnya 2000 rupiah (bukan se-sisir loh, tapi per-pisang)
  38. Survey dimulai hari ini juga. Tujuaan pertama sowan ke kantor Bappeda dan DKP #wakatobi
  39. Suasana pelabuhan Wanci, ramai kapal angkutan umum dan kapal nelayan #wakatobi http://yfrog.com/j6mp2jej
  40. Alhamdulillah org #wakatobi ramah dan enk diajak komunikasi. Mau tau rahasianya ?
  41. Rahasianya adl senyum sapa dimana saja sama siapa saja lol, dan mengaku bhw ini adl perjalan pertama ke #wakatobi
  42. Mereka (org #wakatobi) seneng banget kl ada orang baru datang ke tempat mereka. Jadi ajang promosi wisata bawah lautnya yg bak surga *katanya..
  43. Saat dpt info akan ada acara Seminar Nasional Lingk.Hidup, maka schedule survey ditunda utk mengikuti acara ini #wakatobi
  44. Acara ini mendatangkan pakar kelautan dr UI. Target kami adl mendapatkan info sbyk2nya dr pakar2 itu utk penelitian ini #wakatobi
  45. Pd seminar itu Bupati #wakatobi, Pak Hugua berkali2 menyebutkan wakatobi adl surga bawah laut di pusat segitiga karang dunia!
  46. Pembicara dan tamu khusus seminar itu dijamu utk berwisata menyaksikan keindahan Surga Bawah Laut #wakatobi ke P.Hoga
  47. Aku&yaya yg dtg sbg peneliti (ceritanya..) jg dianggap tamu khusus atas permintaan Prof.Boedhi UI, maka diajak pula kami ke P.Hoga esoknya hahay #wakatobi
  48. Pulau Hoga adl pulau kecil di timur laut Pulau Kaledupa (pulau besar kedua #wakatobi)
  49. Sampai lupa menyampaikan (barangkali ada yg blm tau), #wakatobi adl Kabupaten baru pemekaran dr Kab.Buton
  50. Nama #wakatobi adalah kependekan dari 4 pulau besarnya yaitu Wangi2-Kaledupa-Tomia-Binongko. Lihat peta >> http://tiny.cc/wakatobi
  51. Kami berangkat menuju Hoga esoknya jam 8.30 dr Sauh RM.Wisata ke Dermaga Hoga #wakatobi
  52. Menurut hemat nakhoda speedboat, perjalan akan menempuh waktu sekitar 90 menit #wakatobi
  53. cuaca cerah mengiringi perjalan kami ke Hoga http://yfrog.com/4vnihhj #wakatobi
  54. Air laut yang tadinya berwarna biru tua bergradasi menjadi biru muda. Daratan Hoga sudah dekat #wakatobi
  55. Pulau Hoga yg cantik dan laut jernih, dambaan semua insan *halah #wakatobi
  56. Air surut, kapal tdk mgk sauh di dermaga. terpaksa jln menuju darat #wakatobi http://yfrog.com/0kroxmj
  57. Kalau bukan musim libur seperti sekarang ini, pulau terasa sekali sepinya #wakatobi
  58. Sebuah aula besar tempat pameran sekaligus tempat pertemuan utama berada persis sejurus dermaga #wakatobi
  59. Cottage berjejer rapi mengitari Pulau dihias pohon kelapa yg berbuah manis. Sedapnya… #wakatobi
  60. Sayangnya, tak ada perawatan berarti hari gini. Sepi seperti pulau pribadi *ngarep #wakatobi
  61. Istirahat sejenak sambil menikmati makan siang dan cuci mulut dg buah kelapa manis #wakatobi
  62. Ke Pulau Hoga tanpa menyelam/snorkeling adalah hal yg merugi hehe..kata instrukturnya, harus tunggu jam 2 #wakatobi
  63. Diperkirakan jam 2 air mulai pasang, maka dg sabar kami tunggu. Sembari diterangkan tata cara snorkeling #wakatobi
  64. Selagi menunggu aku mengelilingi pulau dan mendapati seperangkat Solar System #wakatobi
  65. Konon kabarnya solar system ini digunakan utk penyulingan air asin->tawar utk kebutuhan di pulau ini #wakatobi
  66. Selain itu solar system juga digunakan tuk kebutuhan listrik di pulau ini #wakatobi
  67. Tapi alat ini tinggal kenangan… perancangnya tdk melatih tenaga utk maintenance scr mandiri alat ini. Shg tamatlah riwayatnya #wakatobi
  68. Tak terasa sudah hampir jam 2 siang, kami diminta bersiap dg perlengkapan selam #wakatobi
  69. Di pulau ini menyediakan penyewaan perlengkapan selam. Sidik selidik sepaket alat diving dipatok harga 300-500rb+guide+kapal ke lokasi selam #wakatobi
  70. Sedangkan utk alat snorkeling dipatok harga 150rb (kl sewa baju selamnya jg, kl tidak hanya 50rb)+guide+kapal ke lokasi selam #wakatobi
  71. Harga tergantung jauh dekatnya lokasi selam #wakatobi
  72. Buat menyelam jg perlu SIM loh..atau dikenal dg diving license. Kl gak punya SIM ini, ya gak boleh sembarangan nyelam #wakatobi
  73. Karena sebagian besar diantara kami tdk memiliki dive license maka diputuskan utk snorkeling ajah rame2 #wakatobi
  74. Baju selam sudah dibadan, mask dan snorkel pd posisinya, kaki katak dipegang erat2, siap utk foto2!!😀 #wakatobi
  75. Kapal membawa kami ke titik selam terdekat tp katanya paling kaya biodiversity-nya. Okelah kalo begitu #wakatobi
  76. Pelan tapi pasti aku lompat dari kapal ke air dan langsung terapung2 #wakatobi
  77. Biar gak gelagapan pas turun keair utk pertamakalinya, snorkel jgn dipasang dulu #wakatobi #snorkeling
  78. Kalau sudah bisa nafas dg normal di air, baru deh pasang mask dan snorkel-nya #wakatobi #snorkeling
  79. Jgn lupa, mask nya di olesin pasta gigi dulu biar gak berembun saat menikmati surge bawah laut #wakatobi #snorkeling #diving
  80. Snorkeling&diving rules : dilarang meninggalkan apapun, dilarang memegang/menginjak terumbu,
  81. Snorkeling&diving rules : dilarang memberi makan&menangkap ikan #wakatobi #snorkeling #diving
  82. Saat kepala bersentuhan dg air, mata ini dimanja dg warna warni terumbu karang dan ikan2 karang #wakatobi
  83. Ini yang aku liat saat itu *biar gak ngiler #wakatobi
  84. Meskipun indah, ada terumbu karang yg harus dihindari yaitu coral fire/coral api #wakatobi #snorkeling #diving #coral
  85. Namanya jg coral api, pastilah panas dan menyengat dan berwarna merah menyala #wakatobi #snorkeling #diving #coral
  86. Saat sedang menikmati indahnya coral dan ikan lalu lalang, yaya mengguncang tanganku menunjuk sesuatu.. #wakatobi
  87. Meliuk-liuk mendekati kami, striping hitam-kuning-putih, panjang, dan lucu #wakatobi
  88. Ular laut!! Don’t makes any suddenly movement, begitu kata instrukturnya #wakatobi #snorkeling #diving
  89. Dengan sangat perlahan kami berenang menjauh mencari karang mati utk pijakan #wakatobi #snorkeling #diving
  90. Mgk si ular jg tau kl kami ini kurus tak berdaging dan tak bergizi utknya, jd diurungkan niatnya utk menggigit kami *selameet..#wakatobi
  91. Meskipun lucu dan menggemaskan, ular laut harus dihindari krn bisa-nya 30x lebih mematikan drpd ular darat #wakatobi #ularlaut
  92. Hanya butuh paling lama 3 menit utk mati kaku krn sengatan bisa ular laut #wakatobi #ularlaut
  93. Ular laut bisa berenang diberbagai kedalaman laut dan jenis pantai (pasir/karang) #wakatobi #ularlaut
  94. Pluit panjang dibunyikan instruktur, matahari merosot turun, laut mulai gelap #wakatobi
  95. Menyelami laut #wakatobi tidak akan pernah ada habisnya, berat rasanya berpisah dg ikan2 lucu itu
  96. Tapi perjalanku di #wakatobi masih panjang. Target belum tercapai penuh
  97. Setelah ini sementara teman2 lain kembali ke Wanci (ibukota Wangi-wangi), aku&yaya melanjutkan perjalanan ke P.Kaledupa #wakatobi
  98. Langit emas senja menjadi saksi senyum bangga kami tdh Tanah Air Indonesia. Betapa kaya negeri ini #wakatobi
  99. Sekian kicauan #wakatobi hari ini.
  100. Besok aku akan cerita ttg percobaan penculikan di Pulau Kaledupa #wakatobi😉
This entry was posted in Indonesia Negeriku, Kicauan Twitter, Wakatobi and tagged , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s