Heboh 50 Tahun Samarinda

Seperti biasa, minggu pagi yang cerah aku bersepada. Minggu ini jatah bersama keluarga, rutenya dari rumah ke GOR segiri lalu lanjut ke tepian. Yap, aku telah bertransformasi dan beradaptasi sempurna di Samarinda sejak Desember 2009. Dan tentunya, rutinitas bersepeda tetap kulakukan.

Bersepeda di sepanjang tepian mahakam di minggu pagi serasa jalan di thamrin-sudirman, jakarta. lapang dan sepi. Tapi tidak untuk kemarin. Kedaraan bermotor berjejal di sepanjang jalan, dari depan kantor gubernur sampai jembatan mahakam, sehingga aku harus ekstra hati-hati menggiring sepeda.

Apa pasal ?

Ternyata Pak Gubernur Kaltim sedang membuka acara Maunjun di podium utama (depan kantor gubernur). Maunjum adalah Bahasa Banjar yang artinya memancing. Acara memancing kali ini dilakukan disepanjang Sungai Mahakam (10 km dari Pasar Pagi hingga Jembatan Mahakam) dan disepanjang Sungai Karang Mumus.

acara maunjun di sepanjang Sungai Mahakam. Mesjid Islamic Centre yang dengan segera menjadi icon Samarinda

Wah jarang-jarang Samarinda heboh begini. Kehebohan terjadi karena Samarinda sedang merayakan tahun emasnya. Sparkling Samarinda, begitu tag-nya.  Serangkaian acara dibuat panitia agar seluruh masyarakat turut bergembira dihari ultahnya Samarinda. Minggu lalu misalnya, acara karnaval bertema eksotisme kostum adat kaltim digelar disepanjang jalan-jalan utama kota dan berakhir di podium utama depan GOR Segiri. Kemudian, minggu sorenya band-band papan atas diundang untuk menghibur muda-mudi samarinda dengan lagu-lagu masa kini yang sedang naik pamor. Jelas saja musik yang kencang dari band-band ibukota jadi hiburan gratis bagi para pe-jogging di Balai Kota Samarinda yang memang rutin olah raga disana.

Pun dihari minggu yang cerah ini ini tidak kalah hebohnya dengan acara memancing. Tidak tanggung-tanggung, pesertanya berjumlah 11ribu orang! Dan tercatat di Rekor Muri sebagai acara mancing yang pesertanya terbanyak. Dengar-dengar di surat kabar, pemenangnya berhasil mendapatkan ikan patin seberat 2,4 kilogram. Selamat…

Yah begitulah acara bersepeda minggu pagiku yang terpaksa menuntun sepeda, bukan menggowes sepeda. Tapi kurasa acara-acara heboh seperti ini mesti sering-sering dilakukan Pemda Samarinda karena menjadi hiburan tersendiri untuk warga Kota Samarinda yang minim fasilitas hiburan.

Dan akhirnya, kuucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Samarindaku. Bertambah usiamu bertambah pulan beban yang kau pikul. Semoga senantiasa memberikan yang terbaik untuk warganya. amiin

🙂

Mau liat Kota Samarinda dari atas ? Klik disini deh

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

One thought on “Heboh 50 Tahun Samarinda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s