Harimau Berworkshop

Saat mendengar kata harimau yang terbayang pasti si kucing besar yang buas itu. Harimau yang disini adalah salah satu program yang sedang berjalan di PTISDA BPPT. Harimau singkatan dari Hydrometeorological ARay for ISP Monsoon AUtomonitoring.

Setelah setahun ini bergerilya di sawah mencari organisme pengganggu tumbuhan,  kini saatnya publikasi hasil yang diperoleh dalam kegiatan Harimau. Tanggal 5 November 2009, PTISDA BPPT bekerja sama dengan BPP-OPT mengadakan Workshop Aplikasi Radar Cuaca untuk Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

Rangkaian acara selama workshop adalah laporan-laporan kegiatan selama penelitian, aplikasi yang diterapkan untuk peramalan OPT, serta launching produk dari analisis peramalan OPT.

Produk yang di luncurkan berupa website peta sebaran OPT seluruh Indonesia. Yang dikerjakan tim BPPT dan data supportnya adalah tim dari BBP-OPT Jatisari, Karawang.

akses terbuka bisa dilihat disini:

http://neonet.bppt.go.id/opt/

halaman muka web OPT

Identifikasi OPT dengan Data Penginderan Jauh

Saya sendiri membawakan panel berjudul Pengamatan Sebaran OPT – BLB dengan Identifikasi Spektral Daun Terdampak Menggunakan Data Hiperspektral [unduh materi]. Yang isinya kurang lebih menjelaskan bahwa OPT (kasus : BLB) dapat diidentifikasi menggunakan data penginderaan jauh dengan efektif, cepat, dan efisien.

foto selama harimau ber-workshop

Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi OPT dari data penginderaan jauh mengkombinasikan keja lapang dan kerja laboratorium setelahnya. Kerja lapang dilakukan untuk mengumpulkan spectral library daun padi yang terdampak OPT, sementara kerja di laboratorium melakukan olah data yang telah didapat di lapang sampai mengolah data satelit.

[cerita saat pengukuran di lapang]

Dengan mempunyai spectral library OPT kita bisa menggunakannya dengan citra penginderaan jauh apa saja, multispektral maupun hyperspektral, tentunya dengan memperhatikan syarat metode yang digunakan.

Pada panel ini saya menjelaskan spectral library daun padi terdampak OPT dijadikan sampel untuk klasifikasi sub-piksel menggunakan citra hiperspektral (HyMap). Hasilnya adalah tiap piksel citra HyMap (daerah penelitian) dapat menunjukkan persen daun padi yang terserang OPT dalam luasan sub-piksel citra. Hal ini bermanfaat dilakukan sebab dengan meramal luas serangan OPT ditingkat sub-piksel citra, maka luas daerah yang terserang OPT secara keseluruhan dapat ditentukan tanpa terjun langsung ke lapang.

Pun harus terjun langsung ke lapang, setidaknya sampel diambil berdasarkan hasil studi dengan citra HyMap, sehingga sampel yang didatangi tidak lagi acak-acakan, tapi sudah hasil sortir. Menghemat pekerjaan lapang.

Menariknya dalam studi ramal-meramal OPT adalah mengharapkan hasil ramalan OPT salah. Mengapa demikian ? Para petani menginginkan sawahnya bebas OPT, bukan ?

Setelah acara ini berlangsung, teriring doa bersama semoga hasil penelitian yang dilakukan selama ini dapat bermanfaat untuk umat. Tidak sekedar menjadi hiasan meja saja, tapi bisa diimplementasikan oleh pihak-pihak yang berurusan dengan pertanian dan OPT khususnya.

🙂

This entry was posted in Field Spectrometry, Remote Sensing & GIS and tagged , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

5 thoughts on “Harimau Berworkshop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s