Saat Banjir Benanga Samarinda

Melihat, mendengar, dan membaca : tanggul Situ Gintung jebol, menyisakan duka mendalam untuk kita semua. Tanggul situ jebol kabarnya karena usia tanggul yang memang sudah renta dan kurang perawatan, mungkin. Jika boleh kusamakan kejadian jebol tanggul situ/waduk pernah terjadi pada Bendungan Benanga di Samarinda tahun 1998. Hanya saja air tidak mengamuk keluar seperti tsunami kecil yang terjadi di Gintung namun tetap saja banjir memakan korban. Saat bencana itu terjadi, empat warga tewas dan ribuan orang diungsikan. Tercatat 30% dari 718 kilometer persegi luas Kota Samarinda kebanjiran akibat luberan air Karang Mumus dan jebolnya tanggul Waduk Benanga di kawasan utara kota.

Samarinda, banjir

Samarinda, banjir

Sedikit cerita pribadi tentang ini. Bendungan Benanga berada di hulu Karang Mumus. Bendungan jebol sekitar bulan juli-agustus 1998, saat tahun pertama keluargaku di Samarinda. Ketika Bendungan Benanga jebol, kami masih tinggal di rumah kontrakan yang berada kira-kira 500 meter di tepi Sungai Mahakam. Syukurnya, banjir tidak sampai di rumahku.

Banyak teman-teman sekolahku yang terpaksa bolos sekolah karena rumahnya kebanjiran. Atau banyak lagi yang rumahnya tidak kebanjiran tapi terpaksa tidak berangkat sekolah karena jalan menuju sekolah rata dengan air setinggi 1-1,5 meter bahkan ada yang sampai 2 meter.

Jarang ada angkutan umum yang beroperasi menuju sekolahku, sehingga kelaupun sangat ingin/harus berangkat sekolah maka diperlukan semangat tinggi. Harus menumpang perahu untuk menyebrangi jalanan ber-air. Setelah perahu melewati jalanan ber-air, sepatu harus tetap ditenteng agar tidak kuyup karena harus berjalan kaki ke sekolah dengan becek dimana-mana. Beberapa orang teman berangkat sekolah hanya beberkal buku tulis baru dan tidak berseragam karena perlengkapan sekolah hanyut terbawa air.

Lebih-lebih sekarang, rumahku sudah tetap di Segiri. Tanpa sadar keluargaku  tinggal ditempat yang seharunya menjadi jalan air. OMG! Semoga saja air di benanga tidak mengamuk seperti air di gintung. Aih.. tak sanggup aku membayangakannya terjadi lagi.

Tanpa mengurai rasa hormat pada pemerintah yang telah berupaya menjaga, mempertahankan, dan mencegah segala hal demi keamanan dan kenyamanan warga Negara republik ini; maka semestinya kejadian Benanga tahun 1998 silam bisa menjadi referensi betapa pengelolaan dan perawatan situ/waduk/bendungan di Negara kita tidak menjadi perhatian khusus yang ternyata bisa menimbulkan ankara murka (air). IMHO. Cukup sudah studi banding ke luar negerinya, Pak. Sekarang waktunya menerapkan di negeri sendiri.

This entry was posted in Indonesia Negeriku, Zona Berbahaya and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

3 thoughts on “Saat Banjir Benanga Samarinda

  1. dear anakkutu,

    perkenalkan saya Estee, manager di Witteveen + Bos, konsultan engineer Belanda di Jakarta.

    Kami sedang membuat suatu laporan mengenai banjir di daerah Samarinda dan telah melihat satu foto menarik dari blog ini.

    Kami hendak meminta ijin agar dapat mempergunakan foto tersebut, jika seandainya bersedia kami mohon bantuannya untuk mengirimkan kembali foto tersebut di dalam resolusi aslinya.

    Kami tunggu kabarnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s