Shakehand nongol di Kabare

Shakehand @ KabareJogja

Shakehand @ KabareJogja

Tadi sore, sembari menunggu temanku menyelesaikan urusannya, kuambil majalah Kabare Jogja yang tergeletak di meja lobi sebuah hotel di Jogja. Edisi yang kuambil berjudul besar Melacak Jejak Sang Perantau. Kubuka-buka halamannya lembar demi lembar, dan alangkah terkejutnya ketika kutemukan sebuah foto yang sangat kukenal. Foto itu kuambil tanggal 14 September 2008 saat akan melakukan perjalanan ke Jakarta dengan kereta dari Stasiun Tugu Jogja.

Foto yang kuberi judul Shakehand nongol di artikel utama berjudul sama persis dengan tema Bulan itu, Melacak Jejak Sang Perantau, bersama beberapa foto dokumentasi lain. Wah hebat, kataku.. Padahal ga bagus-bagus amat (imho)

Tapi.. Ko aku ga tau ya ?

Sayang waktuku tak banyak. Jadi tak kubaca seluruh tulisannya. Dari bahasa judul dan beberapa foto yang ada disana (termasuk foto jepretanku) jelas  bahwa artikel itu kira-kira berbicara tentang Jogja sebagai kota tujuan pelancong. Memang luar biasa daya tarik Jogja. Buat belajar suasananya masih kondusif apalagi untuk jalan-jalan. Ah nanti saja kalau ada waktu akan kubeli edisi itu.

shakehand @ Flickr

shakehand @ Flickr

Kembali ke foto. Foto disamping ini yang ada di majalah itu. Sama kan ?

Sayangnya, kenapa aku ga diberitau kalo foto di flickr itu mau dipasang di majalah. Padahal kualitas gambarnya kukompres jadi rendah banget. Ya memang hanya untuk kepentingan publikasi di flickr. Tak perlu best quality, yang penting eksis😉

Lisensi yang diatur di account flickr sudah All rights reserved ©.  Kalau gak salah artinya, hak cipta dilindungi undang-undang. Memang siapa saja bisa mengambil foto yang ada di account flickr-ku, tapi setauku ada perlindungan. Ah tak tau banyak lah aku tentang itu.

Yang ga ngenakin tu di halaman itu juga ga ada sumber foto (hu uh..nyebelin) dan edisi ini sudah terbit bulan Desember 2008. Berarti aku telat 2 bulan untuk tau bahwa karyaku ditampilkan sebagai penunjang artikel majalah tersebut. Ah padahal suatu kebanggan tersendiri untukku lho ketika karya dipublikasi. Maklumlah amatir

Sudah kukirim kabar tentang ini ke KabareJogja, semoga ada respon yang baik.

This entry was posted in Zona Berbahaya and tagged , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

11 thoughts on “Shakehand nongol di Kabare

  1. sayang banget kualitas rendah yg lu upload ke flickr.
    laen kali jgn lupa kasih signature di setiap foto yg lu upload (seperti deviantart).

  2. santai. anda sudah melakukan apa yang disebut citizen journalism saya kira. tak perlu digugat. kapan2 anda kirim saja foto, dan tulisan yang lain ke redaksi kabarejogja. siapa tau bisa jadi kontributornya.

    emang kabarejogja newsletter seperti apa ya. apa yang diterbitkan badan pariwisata daerah prov jogja yang ditaruh di hotel2?

    salam kenal.

  3. tapi signature kalo lagi males buatnya suka lupa cha..
    mesti utik2 dulu, kecil lagi dibawah.
    kalo orang jurnalistik yang baek dan tidak sombong harusnya tau kalo dimana di mengambil, disitu dia memberi keterangan darimana dia mengambil..
    terakhir saya menjumpai kasus seperti ini baru aja, melibatkan insistpress yang -terkesan- lepas tanggung jawab (saat itu).
    di update terus ya cha

  4. Majalah sekelas kabare pernah juga tha nglanggar hak cipta..tp biasanya kalo ditegur bakal merespon kok,seperti halnya teman dunia maya saya yg pernah diperlakukan sama oleh majalah tempo,walo akhirnya mereka minta maap dan mberi royalti atas beberapa foto nya yg dicatut..hehe.akhirnya gmana kabarenya mbak stelah dihubungi?

  5. Pinalti itu Mba. Ambil gambar tanpa sumber. Bagaimanapun juga harus menampilkan sumber. Sekurang2nya URL t4 ngopy. Syukur2 nama fotografer dicantumin. Jangankan untuk kegiatan komersial, just blog aja kayak gitu bisa jadi masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s