Menunggu Saat GMC di Samarinda

berita di Tribun Kaltim Kemarin

berita di Tribun Kaltim Kemarin

Berita-berita di media sedang ramai dengan gerhana matahari. Peristiwa ketika posisi bulan berada diantara matahari dan bumi sehingga menyebabkan matahari matahari nantinya akan terlihat seperti cincin. Awalnya hanya kulirik sekilas, karna waktu lihat jalur lintasan gerhana, ga semua kota di Indonesia bisa menyaksikan karena penutupan maksimumnya tidak melewati semua daerah, termasuk Jogja.

Namun, minggu lalu ketika hati sudah dibesarkan untuk menikmatinya lewat media saja, tiba-tiba kesempatan itu datang. Keinginan menengok orang tua di Samarinda disambut baik oleh mereka, maka pulanglah aku. Aku girang bukan kepalang karna selain bisa berkumpul dengan keluarga, juga bisa kunikmati gerhana matahari cincin (GMC) yang kabarnya di Samarinda bisa dinikmati  hampir 90%.

lintasan GMC 26 Januari 2009

lintasan GMC 26 Januari 2009

Melihat peta lintasan GMC, yang bisa melihat matahari seperti cincin yaitu lokasi sepanjang sabuk diantara garis biru. Sedangkan yang berada disebelah selatan dan utara garis itu akan melihat matahari seperti bulan sabit.

Menurut BMG gerhana sudah bisa disaksikan masuk Pringsewu, Lampung sejak pukul 14.19. Kira-kira 60 menitan setelah itu matahari lewat diatas Samarinda. Gerhana bisa dapat dinikamati selama 1 – 6 menit dari sini. Sekarang masih jam 10, langit Samarinda rata tertutup awan. Penyakit langit diatas kalimantan. Semoga siang nanti awannya tersapu agar warga Samarinda bisa menyaksikan gerhana yang langka terjadi. Jangan lupa pake kaca mata hitam ya🙂

This entry was posted in Indonesia Negeriku and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s