Libur `tlah Tiba (part 1)

Libur telah usai disebagian sekolah di Jawa. Tapi tidak untuk sekolah adik-adikku di Samarinda sana. Mereka baru mulai libur minggu ini. Mereka sudah jauh-jauh hari memutuskan untuk berlibur ke Jogja sekalian nglongok kakaknya katanya. Aku sih seneng-seneng aja, karena acaranya pasti bakalan jalan-jalan😀

I love it!

Sabtu sore, sampailah mama dan kedua adikku, rara dan sofia di Jojga.

Sabtu Sore : Berburu Buku

bagian-ku

sebagian hasil buruan

Tiba di Bandara, kubawa mereka menuju rumah singgah. Pikirku mereka pasti capek, butuh istirahat sebentar, meluruskan badan setelah berjam-jam duduk diperjalanan. Ternyata si bungsu sofia minta langsung jalan-jalan. Ya sudah deh, akhirnya kami rapat dulu mau kemana sore itu, trus memutuskan akan ke toko buku saja.

Sejak rencana berlibur di Jogja, si rara yang kutubuku membuat daftar panjang buku yang mau dia beli di sini. Engga salah sih, karna Jogja emang tempatnya buku murah.

Mama gak membatasi jumlah buku yang dibeli. Kami diminta mengira-ngira sendiri total harga buku yang akan dibeli dengan butget yang sudah disepakati sebelumnya. Anak-anak pun liar kesana kemari berburu buku. Perburuan kami di toko buku diakhiri oleh azan magrib. Tidak kurang dari 8 buku diborong. Dari buku anak sampai buku memasak. Hm..lumayan untuk bekal perjalanan panjang liburan mereka🙂

Usai magrib kami rapat lagi. Merencakanan perjalanan esok hari. Selain berlibur ada acara lain yang diagendakan. Mama mau berobat stroke dan sisa sakit jantungnya ke Solo. Akhirnya kami putuskan pergi ke Solo pada hari berikutnya.

Minggu Pagi : Berobat Dulu Main Kemudian

Berangkat dari Jogja menuju Solo sehabis sholat subuh. Mama sudah buat janji dengan ‘dokter’nya jam 6 pagi. Karna si dokter sudah ada janji dengan pasien dari Jakarta jam 8 pagi. Jangan terlambat, katanya. Nanti waktu pengobatannya gak cukup.

Jam 5.45 mobil memasuki kota Solo. Mama mulai panik karna kami belum juga menemukan dimana rumah dokternya. Butuh sekitar 20 menit untuk mencari alamat rumahnya sejak masuk di Sukoharjo, karna kami masuk Kota dari jalur lain. Padahal kalau masuk Kota lewat jalur by pass Jogja – Solo perjalanan akan lebih cepat. Rumah KH Syabirin gak jauh dari Kraton Solo, di Komplek Gajahan.

Peta Usia dan Peralatan Praktek

Peta Usia dan Peralatan Praktek

Kali ini mama berobat non medis atau biasanya kita sebut dengan pengobatan alternatif. Si dokter namanya KH Shobirin. Menurut pengalaman orang-orang yang pernah berobat dengannya, penyakit serius mereka pulih setelah berobat (beberapa kali tergantung tingkat keparahan) ke Pak Haji. Pasiennya tidak hanya tetangga rumah tapi sampai tetangga di luar kota. Beliau terkenal dengan Peta Usia yang beliau ciptakan. Aku gak tau apa maksudnya peta usia. di ruang prakteknya kutemukan gambar jejaring syaraf tubuh manusia, dari kepala hingga kaki, lengkap dengan mata, hidung, dan mulut yang sedang tersenyum dibuat dengan benang merah, hijau, biru. Mungkin ini yang dimaksud peta usia.

Si bapak sudah paruh baya lebih, kukira. Dengan rokok yang terus mengepul beliau berusaha mencari syaraf-syaraf jantung mama yang ‘tidak pada tempatnya’. Peralatan pijitnya seperti peralatan tukang. Ada palu, sendok, dan berupa-rupa bentuk alat dari besi. Kurasa beliau membuatnya sendiri untuk tujuan teknik pijit tertentu.

Tindakan pemijitan dilakukan selama ±1,5 jam. Aku menemani mama didalam ruang praktek sambil terkantuk-kantuk, sementara itu waktu yang lumayan lama itu dimanfaatkan adik-adikku dan fahmi (yang turut mengantar), untuk keliling kompleks perumahan. Dan ternyata jalan-jalan mereka sampai di kompleks Kraton Solo.

Kata mama, setelah dipijit badannya terasa lebih ringan. Ayo kita jalan-jalan! Yihaaa….

bersambung ah..kepanjangan ;p

3 thoughts on “Libur `tlah Tiba (part 1)

  1. Pingback: Libur `tlah Tiba (part 2) « anakkutu

  2. Pingback: 428 Anak Tangga Grojokan Sewu « anakkutu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s