Sikat Gigi Masal

"ayo sikat gigi kaya aku"

"ayo sikat gigi kaya aku"

Merawat gigi sama saja dengan merawat harta yang anda yang paling berharga. Bagaimana tidak, gigi adalah alat vital dalam pencernaan makanan tahap awal di mulut. Bayangkan jika gigi anda bermasalah. Makanan enak pun terasa kurang nikmat. Gigi, khususnya bagian depan, adalah aset penting untuk membuat senyum jadi lebih indah. Makanya gigi kita harus dirawat dengan baik dan benar sejak usia dini.

Flashback kegiatan KKN agustus-september 2008, salah satu program peningkatan kesehatan masyarakat dari fakultas farmasi adalah sikat gigi yang dilakukan secara masal. Targetnya anak SD kelas 1-3.

Mula-mula, Tim sikat gigi KKN melakukan sosialisasi. Karna sasaran utamanya adalah anak usia 6-8 tahun, maka penyampaian informasi dilakukan dengan cara-cara yang sederhana agar bocah-bocah ini menyerap pesan yang disampaikan. Misalnya, anak diperlihatkan gambar kartun yang bercerita tentang gigi. Lainnya, anak-anak diberikan nyanyian yang isinya mengingatkan anak agar sikat gigi 2 kali sehari, setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Kemudian, anak-anak berlatih menyikat gigi yang benar dikelas dipandu oleh mbak dan mas KKN.

Nah, setelah latihan menyikat gigi di kelas selesai, hari berikutnya barulah anak-anak digiring keluar kelas untuk bersama-sama melakukan sikat gigi. Kegiatan sikat gigi dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil 5-6 orang yang dipandu seorang Tim KKN.

kelompok kecil sikat gigi

kelompok kecil sikat gigi

Berbekal sikat gigi masing-masing yang dibawa dari rumah, pasta gigi dari sponsor, dan ember berisi air untuk berkumur anak-anak ini siap latihan sikat gigi dengan benar. Pertama-tama adalah gigi bagian depan *sek sok sek sok*, kemudian gigi samping kiri dan kanan *sek sok sek sok*, setelah itu bagian dalam atas kanan dan kiri *sek sok sek sok*, terus kebagian dalam bawah kanan dan kiri *sek sok sek sok*, tidak lupa permukaan lidah juga digosok perlahan untuk mengurangi bau mulut. Setelah itu berkumur 2 kali. Sudah deh, sekarang senyumnya bisa lebih pede, karna sudah sikat gigi🙂

senyum PD abis sikat gigi

senyum PD abis sikat gigi

Ketika menyikat gigi pastikan durasi sikatan tidak terlalu cepat juga tidak terlalu lama. Juga perhatikan ukuran sikat gigi, terutama untuk anak, pastikan bulu sikat lembut agar tidak menyakiti gusi saat menggosok gigi. Teorinya sih gitu, tapi di lapangan beberapa anak ditemukan membawa sikat gigi orang tuanya. Lebih besar sikat giginya dari pada bacahnya😀

Alasannya, yang ada dirumah ya itu jadi dibawa saja. Wew! Ini menandakan bahwa kegiatan sikat gigi di rumah tidak menjadi perhatian khusus. Pantesan aja giginya (terutama gigi seri depan) banyak pada rontok😀

Tanya kennapa ?

🙂

This entry was posted in KKN Hargobingun, Ruang Belajar and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

13 thoughts on “Sikat Gigi Masal

  1. sikat gigi massal, sunatan massal, kawinan massal…
    Ah… kompak sekali anak negeri ini!

    ah, makan gak makan yang penting kumpul, mas😀
    terima kasih sudah mampir ya..🙂

  2. bagus neng,apalagi kalo dipadu dengan handwashing ato hygien and sanitation for student kl gak salah(aku ada module kalo mau), tu air juga sebisa mungkin bersih, waterborne disease banyak lho..salut deh buat yang sudah mulai berbuat sesuatu dengan ilmu pengetahuannya..LANJUT..

    memang berbarengan dengan cuci tangan sih, tapi belum aku ceritain disini😀
    boleh juga modulnya, buat acara kapan2 gitu🙂
    thanks udah mampir

  3. bagus apaan,di moment tersebut(baca: sikat gigi massal di SD Purworejo 1) aku cuma kebagian nyiapin ember, trus ngisi air..
    apa nggak ngebetein tuh…
    tp g papa, allah menyiapkan surga untuk orang2 yg ikhlas(insyaallah)

    semoga amal ibadahmu diterima oleh-Nya ya Ris, hehe..😀
    kamu kan bidang fisik, jadi wajar dong..
    kebetulan aku bagian dokumentasi, menyenangkan hehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s