Menu Andalan Jumat Siang

Disebuah dusun bernama Karang Gayam, Sleman terdapat warung makan yang amat sederhana. Letaknya persis berhadapan dengan sekolah menengah pertama negeri 5 Depok Sleman. Kenampakan luarnya seperti warung klontong biasa tapi jika dilihat di sisi selatannya disitu terdapat sebaris bangku dan meja panjang berhadap-hadapan tempat orang-orang singgah tiap jamnya menyantap sepiring makanan yang juga biasa. Aku biasa singgah disini untuk sarapan atau makan siang (tidak lebih dari jam 2 siang karena setelah itu warung tutup), karena dekat dengan kos ku. Seringnya sekalian lewat, singgah makan, trus bablas kemana-mana.

Lalu apa yang tidak biasa sehingga aku ‘promosi‘ pada kalian tentang warung ini ?

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan menunya. Sehari-hari diwarung ini disediakan nasi putih dengan lauk berupa-rupa. Ayam semur, ayam kuah pedes, telur dadar ceplok segala rupa, dilengkapi dengan sayuran hijau khas masakan rumah. Biasa, sangat biasa seperti kebanyakan warung makan -mahasiswa- di Jogja. Bahkan banyak yang jauh lebih enak dan lebih bersih.

tapi..

Ketika azan Dzuhur dihari Jumat dikumandangkan, saat lelaki muslim berbondong-bondong ke Mesjid melakukan sholat Jumat, si menu andalan pun dikeluarkan dari dari persembunyiannya yang tidak seorang pun tau..

Secara misterius menu ini dihadirkan sebagai sajian istimewa di jumat siang. Tidak di jam lain dan tidak dihari lain.

Setiap usai sholat jumat di mesjid – mesjid terdekat, para lelaki itu tidak akan pulang ke rumahnya masing-masing melainkan melenggangkan kakinya ke warung ini. Fenomena ini menarik dikaji, Sodara-sodara. Sepanjang pengamatanku, ini adalah daya tarik yang luar biasa memikat pengunjung sampai-sampai mereka rela antri berlama-lama demi menyantap menu andalan ini.

Sayur asem + ikan asin.

Luar biasa nikmat, pemirsa.. Rasanya pedes, asin, kecut khas sayur asem ;p

Ih bener deh, aku gak mengada-ada. Rasanya emang wuenak. Harganya jangan ditanya.. silakan diadu murahnya. Murah rah rah rah.. Mungkin ini juga yang bikin orang-orang rela antri : demi sepiring nasi + sayur asem + ikan asin seharga 3,5 ribu perak😀 Seperti oase di tengah padang pasir.  Warung ini tetap konsisten dengan komitmennya. Murah meriah. Sementara diluar harga makanan rata-rata naik, bukannya turun mengikuti ongkos BBM, disini malah tersaji makanan murah meriah nikmat sehat.

Perhatikan urutannya : murah – meriah – nikmat – sehat. Urutan standar anak kos😀

Yang bikin seneng lagi kl dateng kesini jumat siang selain sayur asem, juga lelakinya. Naluri ‘buaya’ ku seketika muncul. Mereka tampak lebih -ganteng- dari biasanya. Yang biasanya jelek, minimal jadi rapi, yang udah cakep jadi tambah manis😀 .Aku suka melihat cowo-cowo ini rapi jali wangi sehabis Jumatan, hehe.. *halah malah bahas yang iya iya* maap maap.
Sudah terbukti dan teruji (pribadi) bahwa sayur asem disini emang sip. Dari kebersihannya sih kalau kunilai dengan skala 10 diwarung ini sudah cukup dapet nilai 8. Karna dapurnya kelihatan kalo kita mundar-mandir di warung itu, jadi aku dengan mudahnya melihat cara koki-nya masak. Gak cuma murah tapi juga cukup bersih (biar ga hepatitis😀 ) Rekomendasi yang bagus kan ..
Jadi, kenapa cari makanan yang mahal sepi jorok dan jauh ? he he..

Mau coba sayur asemnya ?

Temukan warungnya disini : Masuklah ke jalan di sebelah selatan ringroad utara happy puppy. Terus aja sampai ketemu SMP Negeri 5 Depok, warungnya ada di sebrang jalan sekolah (sebelah barat). Warung makan kecil tak bernama yang menyajikan menu spesial di Jumat siang🙂
denah warung ajaib

denah warung ajaib

This entry was posted in Indonesia Negeriku and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

13 thoughts on “Menu Andalan Jumat Siang

  1. kapan-kapan deh nyobain….

    kalo abis jumat, abis jam berapa tuh sayur asem nya? hehe

    paling cuma 1 jam-an doang. dari jam 12 ampe jam 1 juga udah abis😀
    segera dapatkan sayur asemnya, hanya disini! di warung ini!😀

  2. sa, bukan cm menu ny aj yg enak. anak ny yg puny warung jg cantik uey ^_^

    minuman yang tawar jd tambah manis…
    makanan yang hambar jadi terasa lebih nikmat…

    nb: open please muhdiya.wordpress.com

    perasaan anaknya yang cewe jarang disitu deh. jangan2 yang kamu maksud adalah pelayan2 warungnya yang 2 wanita itu ya??😀
    ya..sama-sama enak lah

  3. siip ni namanya baru ank geografi hahah pkek citra siiip,, btw themesnya keren juga dapet dari mana mbak???

    citra u mempermudah pencapaian lokasi sih😀
    themes-nya mah template dari WP ko :p

  4. eh aku pernah beberapa kali kesini..
    sambelnya, pedes POLL, ikan asinnya juga mantep.. tapi suka bete kalo ngantri.hahaha

    emang iya😀
    enaknya jadi cewe, datengnya pas cowo2 jumatan jadi antrinya ga panjang🙂

  5. wah.. wah.. lebay ini cerita.
    sumpah.. lebay banget…
    itu warung yang depannya da burjonya kan?
    emang sih, anaknya yang punya lumayan muanisss.
    tapi perasaan dulu aku bertahun-tahun makan di situ biasa-biasa wae…
    emang kosmu yang sebelah mana buk? -halah-

  6. boleh dicoba. bagaimana rutenya. dari malioboro misalnya, menggunakan bus atau becak. karena saya tak dapat membaca peta yang rumit2 seperti dalam potret….

  7. Masmpep, kl dari malioboro lumayan jauh, sekitar 5-6 km. Dg bis akan jauh lebih cepat dari pada dg bacek, hehe..
    Kalau ga salah dari Jl.Mataram (jalan paralel sebelah barat Malioboro) naik bis Jalur 7, nanti turun di Ringroad utara depan Calista/Happy Puppy. Nah sampe situ nanti nyebrang, mas sudah sampai di jalanan SMP 5 Depok. Masuk aja terus, warungnya persis di depan sekolah

    Selamat mencoba🙂

  8. Masmpep, jangan bayangkan warung ini yang indah2 dulu, sebab nanti bisa kecewa kl melihat langsung. Warungnya ga besar juga ga ada namanya. Orang2 biasanya nyebut warung ini dg “Warung SMP”, tapi bukan itu nama warungnya lho. untuk memudahkan saja.

    Oh Masmpep tulis link-nya dong biar nanti saya main2 ke blog mas.

  9. silakan berkunjung ke: masmpep.wordpress.com.

    ada tempat-tempat kuliner menarik di jogja lain? kebetulan saya mengagumi kuliner. kalo ada duit baru nyoba, he-he-he.

    menurut saya setiap sudut di jogja itu menarik, mas.
    wilayah ‘jajahan’ saya baru sebatas kulinernya mahasiswa.
    Saya jarang melakukan penjelajahan kuliner, krn mungkin saya tinggal sehari2 di Jogja, jadi makan merupakan rutinitas yang ga perlu istimewa-istimewa amat.
    Kalo mas mau tau banyak ttg tempat2 menarik khususnya kuliner di Jogja silakan kunjungi http://www.yogyes.com

  10. o, ya. kalo menarik boleh tuh blognya di link, ha-ha-ha.

    saya suka tergetar membaca atau mendengar ‘jogja’. sayang, saya belum berkesempatan menjadi warganya….

  11. Askum mba lisa….
    Ini saya imah, anaknya yg punya warung..
    hehehe..
    salam kenal..

    sebelumnya,, mau ngucapin makasiy mbak…
    senangnya ada yg appreciate ma warung itu..😀
    meskipun baru baca postingan.nya skrg siy…

    mba lisa msh d jogja kah??
    kalau sudah di luar kota, d tunggu kedatangannya di warung kami lagi..
    🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s