akhir PIT MAPIN XVII di Bandung

Sosialisasi Kebijakan PJ di Indonesia

Talkshow : Sosialisasi Kebijakan PJ di Indonesia

Telah berakhir PIT MAPIN VXII di Bandung sore kemarin.  Semoga serangkaian acara yang telah berlangsung memberikan manfaat bagi peserta yang hadir maupun panitia dan narasumber🙂

Judul talkshow tentang : Sosialisasi Kebijakan Penginderaan Jauh di Indonesia ternyata lebih tepat berjudul Penginderaan Jauh untuk Masa yang Akan Datang atau sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan Kebijakan. Karena sepanjang talkshow, yang dibicarakan adalah seputar gap antara citra dengan informasi yang dihasilkan, juga tentang menyiapkan pekerja-pekerja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dalam pasar penginderaan jauh.

Hadir sebagai narasumber talkshow : Bpk. Mahdi Kartasasmita (LAPAN), Bpk. Projo Danoedoro (FGE UGM), Bpk. Rudi Hermawan (PT Damai Insan Citra) ditengahi oleh Bpk. Ketut Wikantika sebagai moderator acara.

Beberapa makalah dipresentasikan setelah talkshow, tapi jelas tidak mungkin untuk mendengarkan seluruh makalah yang di presentasikan kemarin karena presentasi makalah terbagi dalam ruang-ruang bersekat.  Tapi dari judul makalah secara keseluruhan, tampak bahwa penginderaan jauh menjadi alat yang tidak dapat dipisahkan dari permasalahan pengelolaan sumberdaya alam dan menjadi tren sosusi permasalahan lingkungan yang berkelanjutan.

Diantara makalah yang dipresentasikan adalah jenis penelitian murni penginderaan jauh yang besar manfaatnya untuk mengambil keputusan dalam menggunakan data penginderaan jauh.

Saya ucapkan selamat untuk BPK, UNDIP, dan PT Barista yang menerima MAPIN award sebagai instansi yang menggunakan data penginderaan jauh untuk mendukung aktifitas pada lembaga yang bersangkutan. Terbesit harapan, tahun depan Geografi UGM mesti dapet!😀

Tahun depan Jakarta disiapkan menjadi tuan rumah Kongres MAPIN XVIII.

Sampai ketemu lagi🙂

Foto-foto yang berhasil tak ‘bergoyang’ karena ruangan kurang cahaya  silakan liat disini

This entry was posted in Family, Remote Sensing & GIS and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

10 thoughts on “akhir PIT MAPIN XVII di Bandung

  1. makalah kelompok saya dulu pernah dipresentasikan di depan MAPIN di Bali. that was the first and the last time i make a scientific thingy🙂
    poor me hahahaha

  2. bu, mas yodha numpang serius, gak becanda…

    mas yodha pernah dapat info dari tmn d kalimantan, katanya para pelaku illegal logging sudah mulai menggunakan remote sensing dalam menentukan ‘daerah aman’ untuk pembalakan liar..

    sebagai orang geografi, mas yodha ngerasa pengawasan produk remote sensing tersebut (ntah foto udara, atw citra satelit) tidak boleh lengah, atw sembarang org bs memperolehny.. kita memang selalu mempromosikan produk Geografi tersebut agar dapat dimanfaatkan di semua bidang, tp sadar atau nggak, remote sensing sama dengan pisau bermata dua.. 1 sisi bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yg benar (Pembangunan wilayah, tambang, dll) disatu sisi bisa merugikan (pembalakan liar contohnya)..

    smoga aj kongres MAPIN thn depan bs menyelesaikan permasalahan ini…

    • thanks infonya Yodha.
      Pernah denger juga sih. Tapi ntah dari mana asalnya.

      tanya keeennn..apa??🙂

      bisa dilemparkan ke milis RSGIS u bahan diskusi juga, mungkin ada diantara teman2 RSGIS yang punya solusinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s