Menu Hari ini

menu hari ini

menu hari ini

Kamar Sondi :

krrriiiinngggg!!!!! Alarm pukul 7 berbunyi membangunkan Sondi.. Seperti biasa, dia terlambat untuk kuliah pagi ini.

. . . . . kejadian selanjutnya adalah Sondi berlari sepanjang kos-nya sampai kampus untuk mengejar kuliah pagi itu . . . . .

Itu kalimat pertama dalam naskah skenario Menu Hari Ini yang belum sempat (mungkin tidak akan pernah) ditayangkan. Menu Hari Ini intinya bercerita tentang mahasiswa amburadul bernama Sondi yang bekerja paruh waktu di warung kopi. Bersama dengan ke-2 temannya di warung tempat Sondi bekerja, mereka saling bertukan cerita. Cerita tentang bagaimana orang-orang hidup memaknai kehidupan. Ceritanya dikemas sangat ringan dicocokkan dengan kehidupan mahasiswa sehari-hari. Bangun kesiangan, kuliah, kerja paruh waktu, belajar, kumpul dengan teman-teman.

Menu Hari Ini berawal dari pemikiran sekelompok mahasiswa yang merasa harus memberikan kenang-kenangan (bisa dibilang begitu) untuk kampusnya sebelum ditinggalkan. Awal tahun 2005 datang padaku seorang bernama Yaser menawarkan peran pembantu dalam film Menu Hari Ini. Kubaca sekilas skenario-nya. Yang kuperhatikan adalah berapa dialog yang akan kuucapkan, hehe.. lumayan banyak, jadi langsung kusetujui peran tersebut karna kupikir ini akan menjadi satu pengalaman yang mengasikkan. Eksistensi diri, ha ha ha…

Betapa tidak, bermain dalam sebuah film! (masabodo dengan bagaimana alur cerita film tersebut, yang penting bukan film porno, aku akan bermain dalam sebuah film, hehehe..)

Awal Februari 2005, rapat pertama aku terlibat dalam Menu Hari Ini di Cheers cafe dihadiri oleh 3 orang : Yaser, aku, dan Fahmi. Tidak lagi membahas skenario, karena skenario sudah ditulis jadi oleh Fahmi jadi kami membahas manage waktu pertemuan, mengumpulkan dan seleksi artis, dan uang.

Kira-kira sebulan setelah pertemuan itu, artis-artis Menu Hari Ini telah berhasil didapatkan dan dikumpulkan dalam sebuah pertemuan di Manut cafe. Hampir semua datang malam itu, aku, Yaser, Fahmi, Sondi, Avin, Pitra, Wildan, Emi, Bintang, Candra (aku lupa candra ada atau tidak), Neti, Ito, Arifin,  -kayanya ada beberapa yang aku lupa, maafkan…- Malam itu seluruh kru dan pemain diberi arah dan gambaran akan kemana dan ngapain dalam Menu Hari Ini. Tidak lupa jadwal latihan. Karena para artisnya amatir jadi kami sepakat untuk membuat hari hari berlatih dialog dan ekspresi. Siapa yang melatih ?? Adalah Neti, seorang artis teater Badan Kesenian Geografi.

Keahlian Neti dalam berekspresi tidak diragukan mengingat eksistensinya dalam UKM BeKaGe Geografi. Juga semua mengakui ke-galakannya saat latihan, huff…

Beberapa kali pertemuan latihan telah kami lakukan sampai akhirnya Neti memutuskan bahwa : anak-anak ini siap bermain. Selama para artis latihan, kru film lain berbagi tugas mengurus setting lokasi pengambilan gambar, alat, dan terus melakukan persiapan-persiapan shooting. Melalui lobi dengan CP manager, maka saat itu tempat sudah disetujui, di Kedai Kopi.

Luar biasa seriusnya orang-orang ini..🙂

Rencananya, film ini akan ditayangkan pertama kali pada 1 September 2005 saat penutupan Ospek mahasiswa baru di kampus. Jadilah kami menyusun jadwal sedemikian rupa agar target dapat tercapai. Tanggal 22 Mei 2005 dijadwalkan awal take scene pertama. Namun, karena alat rekam yang belum siap hari itu, jadi take pertama mundur tanggal 28 Mei 2005.

Untung tak dapat diraih malang tak dapat ditolak *eh bener gak peribahasanya??* Sehari sebelum shooting pertama kami, tanah Jogja digoyang gempa berkekuatan 5.9 SR. Tidak hanya bumi Nyanyogyakarto yang diluluhlantahkan gempa, Menu Hari Ini pun ikut-ikutan berantakan. Sebab, setelah kejadian 27 Mei 2008 artis dan kru berceceran ntah kemana. Kami kehilangan jejak mereka. Hanya aku dan Fahmi yang berhasil bertemu setelahnya.

Menu Hari Ini telah terkubur bersama gempa. Hingga 3 tahun setelahnya puing-puing skenario tidak dapat disatukan kembali. Juga tidak ada hati yang tergerak untuk melanjutkan proyek tersebut, he he he.. Semua orang sibuk dengan gempa.

Malam minggu kemarin, tanggal 15 November 2008 kami berkumpul lagi. Di Djendelo cefe Aku, Fahmi, Sondi, Avin, dan Arifin. Kali ini hanya ngobrol ngalor ngidul saling bercerita kabar dan bernostalgia proyek film yang gagal 3 tahun lalu, he he he..

Bagaimana proyek Meni Hari Ini, apakah berlajut atau tidak, kami belum bersepakat lagi tentang itu🙂

This entry was posted in Zona Berbahaya and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

10 thoughts on “Menu Hari ini

  1. sumpah klo inget ttg Menu Hari Ini gw sedih banget cha,
    bakal jadi tuh klo ga ada gempa, sayang banget sumpah.
    smpet kepikiran dengan ganti skenario biar lebih semangat (hasil curhatan aa’) bikin film dengan tema baru.
    tapi.. “terlalu banyak kesibukan dan terlalu cepat umur dimakan waktu.”

    andai bisa ngumpulin lg………
    kapan ya?
    setelah kerja?
    setelah reunian?
    apa akan terjadi?
    semoga..

  2. to Sondi : hoho iyah Son. Ngobrol sama aa juga dia bilang “masih pengen memberikan sesuatu” gak film juga gak papa tapi yang melibatkan kita semua :))
    Gw bilang : bikin karnaval aja, rame, hehe *gak mungkin lah….*

    to farid : Saksikan di bioskop kesayangan anda :))

  3. Yaya : woi! dilarang pake menggukan panggilan “sayang” disini! ha ha ha..
    Lagi bikin proposal buat karnaval nih, tapi bingung mau ngujuin kemana, he he he.. boong ding😀

  4. tok tok tok….
    mlekum…….
    mau kenalan dulu neh……
    aku blogger baru….. jadi pengen punya banyak temen dlu… biar ngeblognya makin semangat ngeblognya…

    Siapa ja yang baca coment ini, jangan lupa coment ditempatku ya….
    ditunggu comennta..
    SALAM KENAL…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s