Tugu Titik Kontrol

Tugu Titik Kontrol

Tugu Titik Kontrol

Beberapa hari lalu ketika keluar kos tiba-tiba disadarkan oleh keberadaan tugu titik kontrol. Kok bisa tau? Karena setelah diteliti, diatas batu (terlihat seperti batu biasa) yang sudah hampir tenggelam itu tertulis

TITIK DASAR TEKNIK

No. 07.03.502

+

Dilarang Merusak dan

Mengganggu Tanda Ini

BADAN PERTANAHAN NASIONAL

Sebagai mahasiswa geografi tentunya benda ini tidak asing, karna di kelas kami juga belajar Ilmu Ukur Tanah.

Kenapa baru sadar sekarang setelah sekian lama tinggal di rumah itu ??

Cobalah tengok bagaimana kondisi tugu ini di depan kosan ku :

depan kos

depan kos

Berada pada koordinat 7°45’39″S   110°23’14″E. Tertimbun bersama bebatuan dan krikil pinggir jalan di bawah saluran pembuangan air (dari dalam kos ku). Jadi bukan salah kalau dianggap tak penting. Posisinya juga mungkin sudah bergeser dari posisi aslinya.

Apa itu titik kontrol?

Pada pembuatan peta untuk cakupan yang luas untuk mengetahui hubungan posisi antara 2 (dua) buah titik yang berjauhan satu sama lain diperlukan adanya titik kontrol (control point) dengan kerapatan yang memadai.Titik kontrol menjaga suatu posisi pada permukaan bumi dan saling berkaitan satu sama lain.

Titik kontrol diukur dengan ketelitian tinggi. Masing-masing titik kontrol jika dihubungkan akan membentuk semacam jaringan yang disebut jaringan titik-titik kontrol atau istilahnya Jaringan Primer. Guna meningkatkan kerapatan titik kontrol maka diantara titik kontrol primer dipasanglah titik kontrol sekunder dengan tingkat ketelitian yang lebih rendah. Seandainya masih dibutuhkan titik-titik kontrol dengan kerapatan yang lebih tinggi maka biasanya dipasang titik kontrol tersier yang bisa dikaitkan dengan baik dengan titik kontrol primer dan sekunder.

Sumber : Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan, Dr.Ir.Suyono Sostrodarsono dan Masayoshi Takasaki.

Nah, sayangnya ketika ingin mencari tau keterangan lengkap tentang tugu titik kontrol No. 07.03.502 dengan bantuan Peta Online BPN ternyata petanya sedang bermasalah, gak bisa dibuka. Di situs BPN (Badan Pertanahan Nasional) ada fasilitas Peta Online yang menyediakan macam-macam peta secara interaktif termasuk salah satunya adalah Peta Titik Kontrol dan Trianggulasi orde 1, 2, dan 3. Silakan coba sekali waktu.

Asiknya ada titik kontrol di depan kos jadi terpikir untuk memetakan sekeliling🙂

This entry was posted in Remote Sensing & GIS, Ruang Belajar and tagged , , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

18 thoughts on “Tugu Titik Kontrol

  1. kalo orang geografi pasti mikirnya begitu …hehe
    hebat ya.

    *malu malu* kebetulan ko ya adanya di depan kos saya itu yang membuat hati ini bertanya-tanya *halah*😀

  2. Wah, ini mengingatkan saya waktu masih kuliah di Teknik Geodesi dulu. Jaringan titik kontrol vertikal, titik kontrol horisontal, peil, geoid, mula air laut rata-rata, triangulasi, trilaterasi …. wahaha …
    Saya sekarang di Teknik Sipil, ngajar mata kuliah Ilmu Ukur Tanah sudah seumur-umur. Ibaratnya, bangun tidur langsung ngajar pun masih ingat (yang ingat …. hehehe).

  3. lah kok bisa ada di depan kost??

    mboh.. itu dia yang aku tak mengerti😀
    tugu itu pasti udah ada sebelum aku datang kesitu🙂
    mungkin itu yang memanggilku untuk tinggal disana, haha jadi serem

  4. Wah, ora mudeng, mbak. Tapi menarik juga, ya? Sesuatu ternyata bisa bermakna jika kita memperhatikan dengan serius…. Ssebaliknya, esuatu yang sangat penting bisa lenyap karena kitdakpedulian kita.

    Salam kenal ya. Sama-sama anggota KAGAMA nih….

    salam kenal juga mas Syukriy
    KAGAMA tu koperasi gadjah mada bukan ya?
    hehe..lupa

  5. KDT gunanya sebagai titik ikat peta bidang-bidang tanah sebagai titik referensi Peta Tunggal Pendaftaran Tanah. Melihat bentuknya yang ada di kos-kosan mu itu adalah orde ke IV. Pelihara dan jangan dipindahkan.

    selama ada aku di kos itu, tugu-nya akan aku jaga segenap jiwa raga *halah* hehe..

  6. Pingback: Syarat dan Ketentuan Berlaku « anakkutu

  7. mas Haidar, maaf saya cari-cari juga belom ketemu berapa ketelitiaannya. Mungkin nanti bisa saling beri tau aja kl udah dapat yah🙂
    terima kasih sudah mampir disini

  8. eh kayaknya ada juga tidak jauh dari rumahku di jalan deplu (H. adam malik) petukangan selatan. dan untuk data titik2 tersebut TERNYATA LAGI ada di server GIS sebelah mejaku..dasar orang gak aware ya gini ini deh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s