Mari Menghapus Dosa

Dosa, setiap manusia yang berjiwa pasti pernah berbuat dosa. “dosa yang paling besar adalah mencuri, sementara yang lainnya adalah variasi dari mencuri. Misalnya : kamu berbohong, maka kamu mencuri hak mendapatkan kebenaran orang lain. Kamu membunuh seseorang, maka kamu mencuri hak anak atas ayahnya atau hak istri atas suaminya. Dan sebagainya.” (The Kite Runner).

Bagaimana cara manusia untuk menebus dosa ? salah satunya adalah dengan Sholat tasbih.

Ikrimah meriwatkan dari Abbas bahwa Rasulullah saw. Bersabda kepada Abbas bin Abdul Muthalib

“wahai Abbas, wahai Pamanku, maukah engkau aku berikan, aku khususkan, dan aku ajarkan suatu perbuatan yang dapat menghapus sepuluh macam dosamu. Jika engkau mengerjakannya, Allah pasti akan mengampuni dosamu :

  1. dosa yang pertama,
  2. dosa yang terakhir,
  3. dosa yang lalu,
  4. dosa yang baru,
  5. dosa yang engkau lakukan dengan tidak sengaja,
  6. dosa yang engkau lakukan dengan sengaja,
  7. dosa yang kecil,
  8. dosa yang besar,
  9. dosa yang kau lakukan secara tersembunyi,
  10. dosa yang kau lakukan secara terang-terangan.

Itu semua sepuluh macam dosamu. Hendaknya engkau mengerjakan sholat sebanyak empat rakaat. Di dalam setiap rakaat bacalah surah Al Fatihah dan satu surah yang lain. Jika engkau telah selesai membaca Al Quran pada rakaat yang pertama, ucapkanlah sambil berdiri subhanallah wa al-hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar (Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allahdan Allah Mahabesar) sebanyak 15x. Kemudian rukuklah, dan sambil rukuk, ucapkanlah kalimat itu sebanyak 10x. Kemudian bangkitlah dari rukuk, lalu ucapkan kalimat itu sebanyak 10x (sambil berdiri). Kemudian bersujudlah, dan sambil sujud, ucapkanlah kalimat itu sebanyak 10x. Kemudian angkatlah kepalamu dari sujud, dan sambil duduk, ucapkanlah kalimat itu sebanyak 10x. Kemudian bersujudlah kembali, dan ucapkan kalimat itu sebanyak 10x (sambil sujud). Kemudian angkatlah kepalamu dari sujud, dan ucapkan kalimat itu sebanyak 10x. Jadi, (kalimat) itu diucapkan sebanyak 75x dalam setiap satu rakaat. Lakukanlah hal itu didalam 4 rakaat. Apabila engkau dapat mengerjakan shalat (tasbih) itu setiap hari, maka kerjakanlah. Jika engkau tidak mampu, maka kerjakanlah sekali dalam satu Jumat (satu pekan). Jika engkau tidak mampu, maka kerjakanlah sekali dalam setahun. Jika engkau tidak mampu mengerjakannya (sekali dalam setahun) maka kerjakanlah sekali dalam seumur hidupmu.”

Dari banyak jalur yang meriwayatkan hadist ini, Jalur yang paling  baik adalah hadist riwayat Ikrimah ini. Hadist ini dinilai sahih oleh banya ulama, diantaranya al-Hafizh Abu Bakar al-Ajiri, syekh kami Abu Muhammad Abdurrahim al Mishri dan syekh kami al-Hafizh Abul Hasan al-Maqdisi. Ibnu Mubarak berkata, “Shalat tasbih sangat dianjurkan dan disunnahkan untuk dikerjakan disetiap waktu.

(sumber : Fiqih Sunnah 1, Muhammad Syayid Sabiq)

NB : Setelah shalat tasbih berjamaah (sekeluarga) adikku sofia bilang, : “aku cape, Kak”

Hehe..🙂

This entry was posted in Family, Religi, Renungan and tagged , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

6 thoughts on “Mari Menghapus Dosa

  1. yang jadi pertanyaan, apakah di bulan suci ramadhan ini kita sanggup menyucikan diri?

    bener Bu. tapi menurut saya manusia mah tugasnya ikhtiar dan berdoa, urusan diterima ato engga buakan urusan kita lagi, salah ga?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s