Crash dengan Win Royale

Ceritanya isi hardisk si misspink ku yang hanya 80Gb itu menyisakan tinggal beberapa kilobyte saja. Padahal data proses-proses skripsi belom selesai. Pulkam ini udah niat tukeran sama laptopnya parachan acer tipe 2920 yang HDnya 160Gb. Yang kebayang : pikiran setan bahwa gw bisa sampe mabok nyimpen foto-foto gw disitu😀 .

Pertama yang kulakukan adalah menyelamatkan data-datanya si paracan di acer yang isinya gak nyampe 10 GB ke HD eksternal, trus format ulang dengan Windows Royale (SP3 nya Win XP). Kenapa pakai Win Royale? karena lebih ringan (sumber: mbak-mbak penjaga rental VCD) dan theme bawaannya lebih banyak dan menarik. Agak bosen sih sama theme nya XP yang cuma biru-silver-hijau.

Setelah data telah disimpan ditempat yang aman, kemudian adalah format si acer trus dipartisi sesuai kebutuhan. Hati riang karna proses instalasi Win Royale berhasil. Trus dilanjutkan dengan nginstall driver – nya si acer tinggal mencet next next doang. Selesai, tinggal nambah software-software lain besoknya. Setelah proses instalasi OS selesai, pake kabel LAN aku pindahin data-data dari misspink ke acer. Dah, data aman.

Besoknya setelah si acer udah siap dipakai kebetulan ada data yang harus diambil dari flashdisk ternyata tidak bisa terhubung dengan si acer. Trus coba-coba kameranya ternyata ga bisa juga. Mulai menganalisis kesalahan. Mungkin ada proses installasi driver yang ga berjalan dengan baik di Win Royale.

Kesimpulan ini diambil setelah coba instal ulang driver, : ga ngaru. Trus instal windows lagi dengan master Windows Royale yang sama. Selagi nginstal ulang driver aku merhatiin dengan cermat apa saja peringatan yang muncul. Ga ada peringatan apapun. Tapi setelah instal driver trus reboot, HD si acer malah ga kebaca. Panik karna file-file penting udah dipindah kesana, takut ilang.

Kebetulan ga bawa master Win XP yang biasa dipake saking kepedeaan dengan Win Royale. Gak seperti di Jogja yang banyak tempat penyewaan VCD, di samarinda ga ada. Jadi repot (ngerasa bersalah) sendiri mesti beli master bajakan. Akhirnya dapet master Win XP dari temen plus dikasih serial number genuine maker, hehee..

Kalo ada yang tertarik dan ga ngerasa bersalah membuat XP bajakan jadi genuine, hubungi aku nanti aku kasih tautnya ;p

Setelah selesai nginstall dengan Win XP + driver acer, alhamdulillah segalanya berjalan baik. Ternyata.. Jadi..jangan gunakan Win Royale untuk acer ya🙂

This entry was posted in Family, Ruang Belajar and tagged , , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

5 thoughts on “Crash dengan Win Royale

  1. ngomongin soal mesin bernama laptop, hiks..,jd ingat almarhum Tecra 8200 andalan yang mati kepanasan tgl 17 Agustus. Ketika pekik merdeka berkumandang, aku meratapi kepergiannya.., hormat senjata…, grak..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s