Siram 1000 Pohon

Kegiatan Pemeliharaan 1000 Pohon diadakan oleh Pemkab Sleman sebagai upaya pemeliharaan lingkungan dan program khusus Prokasi (Program Kali Bersih). Nah, kebetulan area yang ditanami 1000 pohon secara administrasi masuk dalam Dusun Tanen, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Karena butuh “tenaga” banyak, maka diundanglah mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang kebetulan sedang KKN di Desa Hargobinangun untuk membatu kegiatan siram-siram pohon. Selain kami (UGM) ada mahasiswa lain dari ISI (Institut Seni Indonesia), dan mahasiswa Sanata Dharma. Kira-kira ada sekitar 100 orang mungkin juga lebih hadir ditempat dan aktif dalam kegiatan ini termasuk polisi, polisi hutan, dan Pak Kades.

“1000” pohon yang disiram hari ini sudah ditanam sejak bulan Februari 2008. Jumlahnya sih ga persis seribu, tapi karena banyak jadi gampangannya disebut seribu pohon aja, gitu. Jenis pohon yang ditanam yaitu tanaman-tanaman keras, seperti kayu putih, manggis, dan berbagai jenis tanaman berdaun jarum.

Pohon yang dirawat yaitu pohon-pohon muda kira-kira setinggi pingang orang dewasa karena pohon-pohan muda seperti itu perakarannya belum mampu mencari air untuk makanannya sehingga harus “dibantu” sama kita-kita ini untuk merawatnya. Tidak semua pohon yang ditanam pada bulan Februari masih hidup sampai bulan ini, jadi pohon-pohon yang sudah kering (mati) “direlakan” untuk tidak disiram.

Perlengkapan yang digunakan untuk menyiram pohon yaitu botol-botol minuman bekas yang masih layak pakai, bambu, dan kawat. Botol yang sudah diisi air dan dilubangi sedikit bagian tutupnya digunakan sebagai infus. Nah, praktek penyiramannya ya pakai botol-botol minuman tadi itu trus di ikatkan dibambu yang fungsinya juga untuk menyangga pohon biar tumbuhnya bagus. Begitu..

Ga nyampe sehari , air dibotol-botol itu udah habis berinfiltrasi kedalam tanah semua. Selamat makan pohon-pohon…

Karena dikerjakan banyak orang, jadi 1000 pohon pun ga terasa sudah diinfus semua. Mungkin kira-kira 15% dari 1000 pohon tidak dapat di”selamatkan” lagi. meskipun kita tidak merasakan langsung manfaatnya, tapi semoga yang kita lakukan sekarang bermanfaat untuk orang lain.


This entry was posted in Indonesia Negeriku, KKN Hargobingun and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

2 thoughts on “Siram 1000 Pohon

  1. dingin banget mas, pas kebetulan musim “bediding”nya jogja e..

    kalo aksi 1000pohon di pakem ya tujuannya untuk memelihara “simpanan” air di hulu. Mungkin kl untuk gn.Kidul atau Bantul beda proyek lagi kali ya..hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s