akhirnya datang juga

KKN sesuatu yang menghantuiku belakangan ini. Kenapa sih harus KKN tanyaku? Hanya 2 sks tapi wajib. Aku ga mau KKN!!! Aku berpikir ini akan membuang banyak waktuku, 2 bulan bukan waktu yang sebentar untuk ditinggalkan. Tinggal disebuah desa yang aku ga tau sebelumnya dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk melakukan “sesuatu” untuk kepetingan “nilai kami itu yang dinamakan pengabdian pada masyarakat?

ah taulah…suka ga suka mau gamau KKN adalah wajib di UGM dan taktergantikan oleh apapun!

maaf tidak menerima suap untuk menggantikan KKN sodara

Kegiatan resmi KKN periode ini mulai pada 1 Juli dan berakhir pada 1 september 2008. Aku dapat penempatan lokasi di Dusun Jetisan, Desa Saungan, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Proponsi DIY. Ga jauh dari kampus, tapi tetap harus tinggal disana.

Sebelum pemberangkatan tanggal 1 Juli, kami dibekali ilmu dan pesan2 dari dosen pembimbing agar ini agar itu. Kata DPL (dosen pembimbing lapangan) keberhasilan KKN itu terletak pada penerimaan masyarakat terhadap keberadaan kami (peserta KKN).

Lah trus untuk apa ada program KKN?

Program gunanya ya untuk kegiatan kami selama ada disana. Kegiatan memberdayakan masyarakat, kegiatan untuk dilaporkan kepada LPPM selaku lembaga yang mengadakan KKN dan disitulah penilaian untuk KKN kami. Kegiatan KKN sekarang mengarah pada pemberdayaan masyarakat, artinya masyarakat ikut dirangkul dalam kegiatan-kegiatan KKN, sehingga harapannya ketika KKN berakhir, desa/dusun yang ditinggalkan dapat melanjutkan program yang sudah berjalan, berdasarkan hasil berbagi yang (akan) kami lakukan disana.

KKN yang akan aku jalani adalah KKN Tematik. Berbeda dengan KKN reguler, program dan anggota KKN tematik sudah ditetapkan sebelum berangkat dan sifat dananya swadaya. Dapet sponsor sukur, ga dapet sponsor berarti menderita (ngeluarin duit sendiri.red). Tema KKN-ku adalah Tanaman obat keluarga (TOGA) dan Pengolahan sampah. Kebayangkan apa yang aku lakukan nanti ?

Unit KKN-ku (pakem-B) terdiri dari multidisplin ilmu; Farmasi, Teknologi pertanian, Pertanian, Geografi, Ekonomi, Sosial budaya, dan Teknik. Tugas kami disana yaitu melaksanakan program utama : pembibitan tanaman obat keluarga dan pengelolaan sampah, serta macam-macam program tambahan dan program bantu. Program tambahan antara lain : Pemetaan yang sifatnya tematik (ini program utama bidangku), Dokter kecil, Jalan sehat, Pendataan penduduk, dan tak kalah pentingnya adalah acara 17a. Sementara kegiatan program bantu akan ditentukan (biasanya) spontan dilokasi, sifatnya untuk menambah jam kerja mahasiswa.

Mudah-mudahan aku bisa tetap mengakses internet selagi KKN. Biar bisa bagi-bagi cerita selama kegiatan di Jetisan. Aku akan berusaha menikmati ini. Dan semoga segera berakhir🙂

Selamat KKN! (bagi yang akan melaksanakan KKN)

This entry was posted in Uncategorized and tagged , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

7 thoughts on “akhirnya datang juga

  1. hohoho…
    selamet kkn bro.
    bykin ambil poto y?
    palagi waktu 17an,rame tuh
    g sempet ngenet bwt diary aj ca.
    ntar klo ud kelar bru lu post smua. hahaha

  2. hey…hey… yg smangat donk bu… apa perlu dikerahin pasukan blogger buat nemenin niyyy…. biar rame gitu…. hiks…hiks…
    smangat…smangat…
    eh…eh… ditunggu photo2nya ya…. wokke

  3. Wah, slamat KKN Mbak… Aku sih berharap ga nglakuin KKN (ya iyalah, PNS kan ga boleh “KKN”, kqkqkq)
    Karena sekolah di sekolah tinggi kedinasan, dulu ga pernah KKN, cuma PKL (kaya anak SMEA aja)
    Waktu SMA dulu sih ada acara Bedhol Desa (KKN kecil-kecilan). Karena cuma 3 hari, jadi isinya maen-maen doank…😀

  4. KKN itu adalah masa yg sangat indah. Merasakan kedekatan dengan kawan2, dengan masyarakat dan dengan alam sekitar. Melalui program KKN sangat baik untuk melatih kesabaran, ketegaran dan saat untuk menunjukkan kedewasaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s