Liburan di Agro Strawberry

Suatu ketika dibulan februari keluarga PUSPICS berkesempatan berlibur ke Malang dan sekitarnya. Beristirahat di hotel Gajah Mada, paginya liburan dimulai dengan mengunjungi Kusuma Agro Strawberry. Letaknya di Kabupaten Batu, Malang. Karena dataran tinggi maka ketika turun dari kendaraan maka kita akan merasakan udara sejuk khas pegunungan. Masuk ke area agro, kita akan disambut dengan welcome drink, jus strawberry yummy!

Tiket masuknya ada 2 pilihan. Yaitu paket komplit dan setengah komplit😀 . Paket komplit (maaf lupa harganya) isinya jalan-jalan di kebun +metik strawberry, jalan-jalan di kebun hydroponic, paket cantik (buah, sayur, minuman sari buah), dan memetik apel di kebun apel. Kalau beli tiket yang biasa (bukan komplit) fasilitas liburannya hanya sampai kebun strawberry, gak metik apel.

Ada apa aja sih disini?

Ada kebun strawberry dong… ga cuma itu, bermacam-macam tanaman lain juga diusahakan disini. Seperti buah naga, tanaman hydroponic paprika, tomat, sayur mayor, dan lain-lain (maaf beberapa lupa).

Kami kurang beruntung saat itu karena bulan februari masih musim penghujan sehingga banyak buah strawberry yang busuk (terlalu banyak air). Pertumbuhan tanaman strawberry sangat dipengaruhi oleh cahaya matahari dan panas. Seringkali kita “tertipu” warna merah strawberry yang menggairahkan tapi pas digigit iler-iler langsung keluar saking asemnya. Hehe… Warna merah itu sangat mudah didapat tanpa harus menunggu buah matang. Yaitu dengan cara memanaskan suhu tempat penyimpanan si strawberry, beberapa menit saja si strawberry yang tadinya berwarna pucat langsung merona merah menggoda. Jadi jangan tertipu merah-nya ya..

Trus gimana dong memilih strawberry yang bener-bener matang (rasanya manis)?

Jawabnya adalah dicobain😀

Aku tanya sama pemandunya, dia cuma mesam mesem doing. Berarti dia juga ga tau😀

Dilatarbelakangi deretan pegunungan (kalo ga salah ada Gunung Arjuno) disebelah kebun strawberry ada kebun buah naga, yang sayangnya juga saat itu belum berbuah. Mungkin kalo anda berkunjung sekarang (bulan Juni-september) bakalan melihat banyak tanaman yang berbuah. Indah banget.

Kalau diperhatikan dengan seksama tanaman buah naga tidak punya batang lho.. Daun-daun tanaman buah naga besar seperti tangan berduri yang menjulur-julur kebawah ternyata ditopang sebuah kayu, kulihat semua tanamannya seperti itu tadinya kupikir seperti pohon pada umumnya yang mempunyai batang, ternyata tidak J.

Turun lagi kita menemukan kebun jeruk. Jeruk malang dong..masa jeruk Pontianak. Dan sayang sekali lagi saat itu jeruknya belum ada yang matang. Jadi, Cuma kebagian fotonya doang 🙂 . Turun lagi kebawah kita sampai di “pabrik” pembuatan tanaman hydroponic. Semua tanaman hydroponic yang ada disana ditanam pada media busa(spons). Busa(spons) tersebut gunanya sebagai tempat benih dan perakran. Tiap blok busa(spons) berukuran bujur sangkar 1-2 cm diisi satu benih tanaman. Pembenihannya dilakukan dalam wadah-wadah plastik warna-warni sebelum dimasukkan kedalam “sangkar”.

Tiap sangkar diusahakan tanaman yang sejenis. Sangkar ini tidak boleh dimasuki sembarang orang, hanya petugas yang setiap 2 jam sekali masuk untuk memeriksa kondisi tanaman. Kalau ada OPT (organism pengganggu tanaman) langsung dimatikan agar ga nyebar ke tanaman yang lain. Disini keunggulan tanaman hydropnonik, memberantas OPT tidak dengan bahan-bahan kimia. Makanya kalo ke supermarket harga sayuran berlabel hydroponic lebih mahal dari pada yang ga ada label hydroponic.

Cape jalan-jalan di kebun, sekarang waktunya minum jus, ga usah kuatir, ini masih bagian dari paket ko… seger…

Setelah istirahat dirasa cukup wisata dilanjutkan ke kebun apel. Beda lokasi, agak jauh sama kebun strawberry. Jalan kaki bisa, naik mobil wisata juga bisa (tapi ngantri). Kalau masih punya cukup energy mending jalan kali ke kebun apel liat pemandangan kanan kiri, bagus buat background foto😀.

Sampe deh di kebun apel! Serbu!! Eit tunggu dulu, disini tiap orang dijatah hanya boleh memetik 2 buah apel. Pilih-pilih apel sesuka kamu, yang matang dong… Ingat ya, Cuma boleh 2 buah. Dan ga boleh langsung dimakan (ntar diare loh) mesti dicuci dulu untuk menghilangkan zat kimia yang menempel di kulit apel.

Belom puas metik apel?? Ya beli dong…

Selamat berlibur!!

This entry was posted in Indonesia Negeriku and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

3 thoughts on “Liburan di Agro Strawberry

    • Wah…kayaknya menarik banget tuch!boleh tolong kasih info nggak?agro wisatanya buka jam brapa smpi jam brapa ya trus skrg tiket masuknya brapa?karna awal bulan october ini aq pengen kesana trus kira2 buah apelnya ada nggak ya?mksih……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s