Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Islam?

Apa Bentuk Komitmen Saya kepada Islam?

Ini judul sebuah buku. Buku yang sudah lama dibeli tapi baru sempat baca sekarang. Kalimat yang menjadi judul itu aku kembalikan tanya kedalam diriku. Apa bentuk komitmen saya terhadap Islam? “Refreshing” sebentar melupakan dunia. Inner Journey.

Hening……

….banyak khilaf….

Astagfirulloh..

Kemudian teringat hadist yang menyebutkan :

“Setiap manusia banyak melakukan kesalahan, dan sebik-baiknya orang yang banyak melakukan kesalahan adalah yang suka bertaubat” (h.r. Ahmad dan Tarmidzi)

Bukan berarti abis melakukan kesalahan terus bertaubat kemudian melakukan salah lagi terus bertaobat lagi😀 Hey, jangan mempermainkan Tuhan!!

Buku ini karangan Dr.Fathi Yakan diterbitkan Al-I`tishom Cahaya Umat. Ga tebal ko, hanya 181 halaman. Ada dua bagian bahasa ditambah 2 halaman kalimat-kalimat wirid. Lumayan buat mengisi waktu nunggu. Isi bukunya:

Bagian pertama : Pengantar Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Islam?

Saya harus mengislamkan Aqidah saya

Saya harus mengislamkan Ibadah saya

Saya harus mengislamkan Akhlak saya

Saya harus mengislamkan Keluarga dan Rumah tangga saya

Saya harus mampu mengalahkan Nafsu saya

Saya harus yakin bahwa hari esok Milik Islam

Bagian kedua : Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Harakah Islamiyah?

Saya harus mempersembahkan hidup saya untuk Islam

Saya harus meyakini kewajiban berjuang untuk Islam

Harakah Islamiyah: Tugas, Karakteristik, dan Bekal

Saya harus memahami lika-liku perjuangan Islam dan alas an memilih Harakah Islamiyah

Saya harus memahami dimensi-dimensi dalam berkomitmen kepada Harakah Islamiyah

Saya harus emahami pilar-pilar perjuangan Islam

Saya harus memahami syarat-syarat baiat dan keanggotaan

Terus terang saja aku hanya suka baca bagian pertama buku, karena bagian kedua banyak membahas tentang perjuangan menjadi muslim sejati dan organisasi Islam. Mengingatkanku pada berita akhir-akhir ini tentang perilaku kekerasan yang dilakukan FPI. Yang diajarkan Islam bukan “berjuang” seperti yang mereka(FPI.red) lakukan (kekerasan.red), tapi berjuang membangun kepribadian yang mengimplementasikan Islam baik aqidah maupun akhlak. Berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan bagi seluruh penghuni alam raya, bukan bertindak kasar dan semena-mena.

Ah..malah membahas FPI😀

Kembali ke buku ya.. Buku ini mengingatkan kita bahwa selama ini sebagian besar dari kita (termasuk aku) mendapatkan Islam dari orangtua. Wajar, karena memang melalui keturunanlah Alloh memberkan nikmat terbesar ini kepada kita. Akibatnya kemudian adalah kita jarang yang memahami Islam secara utuh untuk berkomitmen terhadap agama.

Singkatnya, buku ini berusaha menyampaikan apa saja yang harus kita lakukan untuk menjadi muslim sejati. Baik untuk kita-kita yang sering “lupa” dengan agama kita kan?

Kalau berminat baca silakan cari sendiri, karena aku juga lupa dulu beli dimana😀

Lengkapnya :

Judul : Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Islam?

Pengarang : Dr. Fathi Yakan

Penerbit : Al-I`tishom Cahaya Umat, Jakarta

Tahun terbit : 2006

This entry was posted in Buku, Religi, Renungan, Ruang Belajar and tagged , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

13 thoughts on “Apa Bentuk Komitmen Saya Kepada Islam?

  1. alex, bapakethufail, jiwakelana, salam kenal juga ya.

    artja : turut berduka atas hilangnya bukumu, beli lagi aja😀

    yakhanu : gw cari di matahari dept.store juga ga ada loh…#-o

Leave a Reply

