Layer Stacking dengan ENVI 4.0/4.1/4.2

Mendownload citra free misalnya Landsat 7/TM/ETM+ ke-7 file bandnya akan dipisah-pisah. Contoh filenya begini :

p122r064_7t20010715_z48_nn10.tif.gz untuk band 1

p122r064_7t20010715_z48_nn20.tif.gz untuk band 2

dan seterusnya. Tiap band-nya dipisahkan jadi 1 file tersendiri. Nah, untuk beberapa kepentingan pengolahan citra digital dengan software ENVI 4.0/4.1/4.2, kadang kala diperlukan seluruh band dalam 1 file.

Gimana caranya…?

Dengan bantuan software ENVI 4.0/4.1/4.2 bajakan penggabungan file band dapat dilakukan🙂 . Pertama (1) yang harus diakukan adalah membuka program ENVI😀

(2) dari toolbar menu buka citra yang akan digabungkan seluruh band-nya. File > open image file. Kemudian akan muncul dialog box Available Band List. Box ini berisi file yang telah dipilih beserta keterangan tambahannya. Pastikan seluruh file band yang akan diproses sudah ada di box ini.

(3) Kemudian dari toolbar menu pilih Basic Tools > Layer Stacking akan muncul dialog box Layer Stacking Parameter seperti ini :

(4) Pilih Import File.. untuk memilih seluruh file yang akan dijadikan satu file. File yang telah dpilih akan masuk dalam box Selected Files..

(5) Untuk mengurutkan urutan band, pilih Reorder File… Akan muncul box Reorder FIle. Caranya : drag file taro diurutan yang sesuai.

(6) Nah kalo file udah masuk semua, cek proyeksi, datum, unit datum, dan zona citra. Setelah sistem proyeksi oke semua, pilih tempat penyimpanan file. Then Ok.

(7) Akan muncul progress bar setelah itu. Tunggu ya..

8 Setelah selesai, maka hasil proses otomatis akan muncul di box Available Band List. Nama filenya sama seperti yang telah dimasukkan tadi diproses sebelumnya.

Selesai. Silakan melanjutkan pengolahan citra berikutnya, disesuaikan tujuan anda tentunya.

Ha? apa? oo.. untuk latihan pake citra Landsat silakan cari sendiri path/row-nya disini trus lanjutkan kesini untuk mencari citra. Pilih nama file seperti contoh diatas ya. Biayanya? Gratis-tis-tis… cuma modal nongkrong diwarnetya doang buat download citra😀

This entry was posted in Remote Sensing & GIS, Ruang Belajar and tagged , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

12 thoughts on “Layer Stacking dengan ENVI 4.0/4.1/4.2

  1. kalo bingung pegangan deh😀
    bingung karena gak ngerti?
    karena bukan orang geografi? wajar..
    bukan orang yang berkecimpung dibidang pemrosesan citra? wajar..
    bukan ahli remote sensing? wajar..
    ya wajarlah

  2. kalo mau stacking landsat 7 etm lengkap dari pankromatik, vis-swir multispektral (12,3,4,5,7), hingga thermal (6 high gain dan 6 low gain) tapi, resolusi spasialnya ga diresampling (tetep utuh pada setiap saluran) caranya gimana mbak????

  3. karena stacking multiresolusi itu sulit lis, kayak aster yg hdf format itu lho, salurannya kan multi resolusi spasial tuh, tapi tetep bisa dijadiin satu dataset,
    aq juga lagi nyari ni caranya

    nyari sama2 yoook….

    bener yg kamu bilang, semua sesuai tujuan

  4. File yang digunakan dalam citra seperti ASTER dan MODIS merupakan file format HDF-EOS (Hierarchical Data Format – Earth Observation System) yang dikembangkan oleh NASA. Secara keseluruhan dua versi HDF yang sering digunakan yaitu HDF4 dan HDF5. Nah, HDF-EOS ASTER dan MODIS tsb merupakan HDF4. Anda bisa merefer http://hdfeos.org/ dan http://www.hdfgroup.org/. Disana ada daftar software2 yang digunakan untuk membaca dan menulis file HDF.

    Semoga membantu…
    Mohon Koreksi Klo salah

  5. Mbak Lisa, langkah saya stlh layer stacking kan mengubah data nya dlm bentuk .ers. Disitu ada kluar kotak ‘File Information’ dan pixel nya tertulis 500m untuk semua data. Itu berarti resolusinya sebesar itu atau tetap 1 km, mbak?

    • mbak dian,
      coba di liat informasinya di map info citra yah
      biasanya citra yang ditampilkan di box available band list punya layer “Map Info” dibawahnya sebagai keterangan proyeksi, pixel, res spektral, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s