Senyum mama

Ibuku orang yang bertampang judes namun pembawaannya ceria. Kadang terlihat cool kalo moodnya ga bagus, dieeeem…aja. Juga kalo baru kenal dengan orang baru, mama bukan tipe orang yang suka dan bisa berbasa-basi, harap maklum. Kalo ga suka dia akan diam dan bicara kal osuka. Simple person.

Segala kewajibannya di rumah diselesaikan dengan baik meskipun dengan kegiatan dharma wanita yang cukup padat. Mama juga pernah membantu kehidupan ekonomi keluarga dengan berwiraswasta (sekarang sudah tidak aktif lagi). Makanya papa tidak pernah komplain dengan kegiatan-kegiatan luar yang mama ikuti (arisan aja bisa 3-4 macam sebulan, jaga kantin kantor ibu-ibu dharma wanita, ngurus kegiatan dharma wanita ini itu, dan lainlain) memang sibuk ibu-ibu jaman sekarang, hehe… Dan ketika pulang ke rumah tetap ceria (ya iyalah.. abis ngegosip ketawa ketiwi sama genk nya)

Namun keceriaan mama sempat hilang sesaat karena cobaan itu datang tiba-tiba.

Foto diatas itu diambil di jogja saat mama dan grup dharma wanita-nya melakukan tur Jogja-Purwokerto-Bandung-Jakarta-Samarinda. Waktu di Jogja (tujuan pertama tur) mungkin kondisi tubuh mama sudah mulai lelah, karena mama lah bagian seksi sibuk acara tur ini (ngurus travel, tiket, daftar peserta dan segala macem). Di jogja 2 malam sempet ketemu aku, katanya ibu-ibu minta difotoin jalan2nya. Setelah itu kami berpisah, mama dan rombongan terus ke Purwokerto (Baturaden) dan aku tetap di jogja.

Dalam perjalanan ke Baturaden mama mendapat kabar duka, Kakaknya papa meninggal. Kabar ini membuat hatinya sedih, benar-benar terpukul. Pikirannya jadi sedikit kacau. Sementara rombongan terus bergerak menuju Bandung. Menurut keterangan saksi : saat tiba di hotel (bandung) tiba-tiba badan mama kejang trus pingsan. Stroke. Dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Setelah kejadian jatuh di bandung, kondisi mama drop banget. Diagnosa dokter saat itu adalah ada perembesan darah diotak (ini yang menyebabkan stroke tingkat ringan) plus tambahan satu penyakit klep jantung yang bikin dadanya sesak terus. Ga tega ngeliat mama saat itu, kalo bisa kulakukan apa saja biar sakit itu aku saja yang merasakan. Tapi saat kutengok, sisa senyum itu masih ada. Ah.. aku sayang mama..

Sempat bedtres di rumah jakarta kurang lebih sebulan, tapi papa ga bisa nemenin terus krn ijinnya habis, jadi pengobatan dilanjutkan di samarinda biar papa bisa kerja dengan tenang. Pendarahan di otak mama berangsur-angsur berkurang dan akhirnya sembuh. Tapi sesak dada karena kebocoran klep jantungnya masih ada, sehingga saran dokter harus dioperasi agar sembuh.

Akhirnya operasi itu terlaksana bulan maret lalu dengan bantuan tim dokter harapan kita, jakarta. Operasi non bedah istilahnya. Hanya memasukkan selang dari pangkal paha, kemudian selang tersebut dijalankan melului pembulu darah menuju klep jantung, trus klep ditiup, Hap!. (kata mama) seketika nafasnya jadi lebih lega…

Kondisi mama jauh lebih baik saat ini. Pantangannya pasca operasi cuma satu : tidak boleh sakit (inveksi) karna bisa menyebabkan klep menutup lagi (bocor meneh…)

Berkat doa dan ikhtiar kondisi mama saat ini kembali normal. Hanya saja mama sudah mulai memilah milah kegiatan-kegiatan luarnya, jadi sekarang waktu mama lebih banyak di rumah bermain dengan anak-anak dan cucunya.

ah.. senyum itu kembali lagi..

I Love u mah

*mmmuuaahhh!!!!*

This entry was posted in Family and tagged , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

6 thoughts on “Senyum mama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s