Pilih Ibukota Favoritmu!

Seperti kita ketahui saat ini Ibukota Indonesia tercinta adalah Jakarta. Kalau liat di berita di tipi, koran, internet, dsb Jakarta sungguh sebuah kota yang “repot”. Dengan kodisi Ibukota sebagai central of everythings (pemerintahan, perdagangan, bisnis, hiburan, juga bencana) membuat Jakarta tidak lagi ideal untuk lalulintas urusan negara yang serba sibuk dan butuh “cepat kelar”.

Nah, cobalah berandai-andai, jika ibukota negara harus dipindah karena satu dan lain hal, dimanakah kota pilihan anda? Pilih satu, ya kalau tidak tau nama kotanya, paling tidak tunjuklah lokasi yang tepat menurut anda jangan lupa beserta alasannya.

ini gambaran indonesia:

atau klik disini untuk dapat memilih “ibukota” anda sesuka hati anda.

This entry was posted in Indonesia Negeriku, Ruang Belajar and tagged , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

10 thoughts on “Pilih Ibukota Favoritmu!

  1. seorang dosenku berpendapat bahwa jika Ibukota Indonesia harus dipindah, maka Palopolah tempatnya.
    Palopo berlokasi persis dibagian tengah Sulawesi, kota menghadap Teluk Boni dengan perairan dalam cocok untuk lalulintas kapal-kapal besar. Secara geografis, Palopo merupakan bagian dari kipas aluvial besar, sehingga tanahnya cukup subur untuk kegiatan pertanian.
    Lokasinya cukup aman dari bencana maupun pertahanan militer. Kita bisa membuat benteng pertahanan di sebelah barat (Makassar), timur (Pulau Buton), utara (Palu).
    Sekarang gunakanlah kedua tangan dan kaki anda untuk membuat Pulau Sulawesi.
    posisi tangan kanan diatas sebagai Gorontalo, Manado
    tangan kiri setinggi bahu sebagai Wampkasiguncu
    bagian badan (dada sampai perut) adalah Palu dan sekitarnya
    kaki kanan (tumpuan) adalah Pare-pare sampai makassar
    kaki kiri arah ke Kendari.
    Nah, Palopo terletak di antara kaki kanan dan kaki kiri
    hehe..

  2. di mana ya? wah kl soal aspek geografi, maap dah ga punya pengetahuan mendalam tentang itu..terserah orang2 yg memang tau dan punya niat ingin menjadikan indonesia tempat yg indah,nyaman,damai untuk semua makhluk Tuhan aja..

  3. Menurut saya dan sumber yg pernah saya baca. Sukarno dahulu kalai sudah berencana akan memindah ibukota negara ke PALANGKARAYA. Alasannya;

    1. Dari aspek Geografi dan Geologi. Pontianak terletak ditengah-tengah Indonesia. Minim dari bencana karena terletak di kawasan yg sedikit atau tidak ada aktivitas vulkanik dan tektonik, karena terletak di back arc lempeng benua. Kawasannya datar dan tidak berbukit-bukit. Klo di sulawesi jelas rawan akan bencana. SUlawesi terbentuk dari hasil tumbukan dua lempeng (eurasia dan australia) dan dua lempeng ini akan terus bertubrukan, aktivitas vulkanik dan tektonik sangat tinggi disini.

    2. Aspek demografis. Palangkaraya memang sudah disipakan oleh sukarno untuk mengantisipasi terpusatnya 3 kekuatan (bisnis, militer dan pemerintahan). Bisnis=Jakarta, Militer=surabaya, pemerintahan=palangkaraya. proyek percontohan seperti US, pemerintahan=washington, militer=pentagon, bisnis=new york.

    Klo ga salah, ada blog yg mengulas hal spt ini dan lebih lengkap, tp Saya lupa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s