Kuliah di Kartografi Penginderaan Jauh

fly away far away

fly away far away

Dulu waktu SD kalau ditanya tentang cita-cita selalu dengan semangatnya aku bilang “arsitek!!”. Jawaban ini konsisten aku berikan sampai awal masuk SMU. Seiring dengan bertambahnya beban pelajaran dan sulitnya pelajaran selama SMU membuat aku bingung memilih mau kuliah dimana. Cita-cita akan menjadi arsitek kelak lama-lama mulai hilang dari dalam hati. Bukan ini yang aku inginkan dan gelisah takut bisa masuk ga bisa keluar :)

Waktu mau ujian masuk salah satu perguruan tinggi negeri, aku liat didaftar jurusannya eh ada jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh. Asing tapi terdengar menarik karena ada kata : penginderaan jauh-nya. Langsung tulis diblanko untuk pilihan ke-3. Padahal waktu itu belum tau sama sekali arti kartografi apalagi prospeknya. Bismillah aja yang penting lanjut sekolah.

Ternyata aku keterima dipilihan ke-3. Bingung juga seneng, bingung karena masih gatau kartografi itu apa juga seneng karena belum lulus SMU udah pasti bisa lanjut sekolah lagi. Akhirnya berbekal bimbingan dan pencerahan dari guru geografi SMU-ku beliau bilang “kalau kamu suka tantangan, ambillah“, aku memantapkan diri untuk registrasi ulang. Sejak itu, resmilah aku jadi mahasiswa UGM Fakultas Geografi, Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jauh (saat ini Kartografi dan Penginderaan Jauh menjadi program studi dibawah Jurusan Sains Informasi Geografi & Pengembangan Wilayah – SIGPW ).

Gimana setelah kuliah ?

Dari awal kuliah aku sudah tertarik dengan ilmu geografi. Semua yang kupelajari tentang geografi adalah hal baru, ga seperti di SMP atau SMU yang disuruh menghapal peta buta plus keterangannya. Negera ini ibu kotanya ini kepala negeranya itu penduduknya sekian dan bla bla bla.

Pada tahun pertama seluruh mahasiswa geografi dari jurusan mana saja belajar tentang bentanglahan dan segala fisik kebumian. Yaitu geomorfologi, geologi, ilmu wilayah, meteorologi dan klimatologi, kartografi dasar, hidrologi, dsb. Dasar-dasar bentanglahan kewilayahan penting untuk mabar (mahasiswa baru) sebagai bekal ilmu dasar geografi untuk aplikasi di jurusannya masing-masing.

Pada akhir tahun pertama (semester 2) kuliah, semua jurusan (KPJ, Perencanaan Pengembangan Wilayah, Geografi Fisik, Geografi Manusia) serentak dilaksanakan Kuliah Kerja Lapangan I (KKL I). Seluruh mahasiswa tingkat pertama wajib ikut dan tidak ada kuliah ganti, karena kuliah dilakukan di lapangan. Segala bentuk pelaksanaan KKL I diatur oleh fakultas (dosen). Lokasi, rute, transportasi dan akomodasi seluruhnya telah diatur, mahasiswa tinggal duduk dibis mendengarkan kuliah dosen sesekali turun untuk melihat ada apa diluar sana. Persis seperti piknik karena meyenangkan.

Foto-foto KKL I bisa dilihat facebook *dah gapunya fesbuk*

Pada tahun kedua mata kuliah sudah dikhususkan pada jurusannya masing-masing. Untuk Kartografi Penginderaan Jauh (KPJ) mulai muncul mata kuliah Kartografi tematik, Penginderaan Jauh Dasar, Penginderaan Jauh Non Foto (termasuk didalamnya system thermal dan hyperspectral), Ilmu Ukur Tanah, dan sebagainya sebagai mata kuliah lanjutan jurusan. Beberapa mata kuliah jurusan menjadi mata kuliah umum yang wajib diambil mahasiswa jurusan diantaranya Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jauh Dasar.

Diakhir tahun kedua (semester 4) seperti biasa dilakukan Kuliah Kerja Lapangan II. Harusnya saat KKL II kami belajar profiling menggunakan dan mengenal banyak alat yang biasa digunakan untuk survey ppenginderaan jauh tetapi karena saat akan dilaksanakan KKL II Jogja mengalami gempa bumi besar, kemudian Sultan Hamengkubuwno XI memerintahkan segala bentuk aktivitas akademik diarahkan ke Bantul (korban gempa) jadilah KKL II kami adalah kerja sosial membantu korban gempa juga membuat peta sebaran dan kondisi permukiman pasca gempa bumi. Peta kondisi permukiman pasca gempa saat itu kami buat dengan melakukan survey cepat dilapangan. Meskipun tidak sempurna, namun untuk kondisi darurat, peta itu cukup bisa digunakan sebagai acuan lokasi untuk distribusi bantuan korban gempa.

Pada tahun ketiga kami benar-benar sudah fokus pada jurusan KPJ dan mulai mencari minat untuk tulisan ilmiah. Kami wajib mengambil mata kuliah Pengolahan Citra Digital, penginderaan jauh terapan wajib seperti PJ untuk Vegetasi dan Penggunaan Lahan, PJ untuk Perkotaan, Fotogrametri, Proyeksi Peta, Kartografi Digital dll. Ditambah dengan mata kuliah pilihan yang tidak kalah pentingnya dengan matakuliah wajib juga dilengkapi dengan praktikum-praktikum.

Oya, hampir 75 persen dari mata kuliah di geografi dilengkapi dengan praktikum. Sehingga kami tidak hanya kaya akan teori juga kami paham aplikasi teknis peta dan citra.

Diakhir tahun ketiga (semester 6) lagi-lagi kami harus melakukan Kuliah Kerja Lapangan III. Kali ini tidak seperti KKL I yang hanya melihat-lihat tapi sudah turun mencari masalah dilapangan kemudian mulai berpikir kegeografian untuk memecahkan masalah tersebut, didampingi para dosen pembimbing pastinya. Waktu itu kasus studi kami adalah daerah Tegal jadi masalah yang kami jadikan tema kami sesuaikan dengan kondisi daerah tersebut.

Tema permasalahan dibagi-bagi sesuai minat peserta KKL. Antara lain : Lokasi Tambak (Marin), Indeks Potensi Wilayah, Sebaran Penyakit Endemik di Perkotaan, Estimasi Produksi Pertanian (Bawang Merah dan Padi). Perkelompok terdiri atas 5 -7 orang untuk menangani masalah sesuai tema. Laporan hasil KKL III selain untuk penilaian dosen juga diminta oleh Pemda Kabupaten Tegal (buat melengkapi koleksi perpus mereka kali ya :D )

Kira – kira begitu sekilas bagaimana kuliah di Kartografi Penginderaan Jauh UGM. Buat adik-adik atau teman teman yang punya teman yang tertarik (atau terpaksa) kuliah di geografi jangan panik jangan bingung jangan resah. Karena disini mereka akan baik-baik saja :) hehehe..

Tentunya diantara sodara-sodara ini membatin dalam hati, akan kerja ditempat apa sekeluarnya kami dari kampus geografi ?? Nah itu akan aku bahas sedikit nanti di postingan selanjutnya ;p

Selamat kuliah teman-teman :)

This entry was posted in Remote Sensing & GIS, Ruang Belajar and tagged , , , , , by anakkutu. Bookmark the permalink.

About anakkutu

Nama boleh keren ya Lisa, tapi kalo tau di kampung-kampung Jawa Barat sana Lisa adalah kutu/anak kutu/telur kutu ya itu lah, kutu. Maka saya pun di panggil anakkutu :) Menulis disela kesibukan seorang ibu dan pekerja kontrak di sebuah instansi pemerintah yang bertemakan "Pembangunan Nasional" dan saya mengurusi hal hal seputar "Kartografi, GIS, penginderaan jauh". Maka kemudian blog ini pun isinya seputar urusan menjadi ibu dan urusan remeh temeh tentang peta. Enjoy!

66 thoughts on “Kuliah di Kartografi Penginderaan Jauh

  1. lah, iya aku nih yang masih bingung mau kemane?
    si mamah bilang kedokteran aja. tapi kayaknya beratt euy..

    okey, this is my favo subject (yang lagi kujaga banget nilainya) :
    1) biologi (enak apalagi pas kemaren di ajarin bu dewi. gak pernah remidi loh.. haha)
    2) english (you know english is fun. kemampuan bahasa inggrisku udah lumayan sekarang. tapi kalo bahasa inggris ngambil jurusan apa dan dimana?)
    3) kimia (biarpun ga minat-minat amat tapi bolehlah. nilaiku stabil)

    jangan sekali-kali menyarankan teknik sipil, aku gak suka fisika, mtk apalagi. nilaiku standar sangat di dua matpel itu. untung-untungan lah. fisika sih masih oke kadang-kadang but no for math. gak tau kenapa lulus SD mtk ku jadi jelek. padahal waktu SD aku kan cinta mtk. gak tau kenapa sekarang jadi eneg.

    so,, please, do you think what i suppose to do about my future? i’m second grade now. tahun depan uda kelas 3. kalo gak dipikir dari sekarang bisa keteteran tar. (salahku juga kenapa gak dari kelas satu dipikirin,huh..)

    *aku rencana mau konsul ke BK, bagusnya sama bu siapa? kata kakak kelasku sama bu Lis aja, apa adanya, what do u think?

    u may reply via anything (facebook, phone, sms, ym)

  2. @ paman goop
    lupa karna kau tak pernah lagi mengingatnya, paman.. beberapa juga aku lupa ko :D

    @ aya
    pertama-tama yang harus kau lakukan adalah : berdoa, Adikku..

    yang kedua : santai :D -karena gw dulu baru dapet pencerahan “gw mau kemana” saat2 terakhir mau ngisi form pendaftaran ujian masuk PN. Jadi, jangan buang2 energi untuk semedi ok.

    yang ketiga adalah : berdoa lagi, hehe.. * belajarnya kapan dong berdoa mulu *

    Datanglah ke ruang BK dan bicarakan apa minatmu. Klo gurunya mah semua sama aja. Klo gw sih dulu nyaman ngobrolnya sama Bu Ning (jangan samaan ah, ntar kalian malah bergosip ttg ku, hihi..). Kl segan (baca:takut) sama Bu Lis, coba ngobrol sm Bu Rimba aja (kan Bu Rimba deket tuh sama papa, jadi curhatmu bisa langsung sampai ditelinga papa, trus dibahas dimeja makan deh hehe..gak ding)

    * oh gw baru tau loh kl ade gw tu fotomodel, bukannya fara ya?? *

  3. okeh tengkyu. saranmu sangat ‘membantu’. ya,ya, tar aku ngomong sm BK (yg jelas g sama bu ning, tar ketauan rizki secara gak langsung,, masa ibu-anak itu ngegosipin aku di rumah, ckckck)
    sama bu lis berarti hrs tahan mental,hehe

    intinya aku jaga nilai aja ni?? yaelah.. masa harus nunggu detik-detik terakhir sih, cape bu

    oi.oi.aku uda dapet sandal baru lo.. haha, kamu nanti yak, wait 4 ur turn

    susah yak punya kakak sirik, gak mau ngakuin kecantikan adeknya xP

  4. Krn penginderaan jauh dan GIS sy seperti sekarang.Mungkin krn sudah jalan sy, tetapi kalo sy boleh bilang kembali lagi ke minat, bakat dan upaya… Semua jurusan itu baik wong tidak mengajarkan anda yang tidak baik, betul?.

    betul.. tinggal gimana kitanya aja kan om?? :D
    *kaya sekarang? kaya apa ya??*

  5. Kuliah di Geografi kan bukan “tersesat” (menggantikan istilah terpaksa). Justru dengan kuliah di geografi bisa menemukan jalan, lho wong tukang bikin peta kan?

    betuuull.. juga bisa diandalkan ;p

  6. tersesat di jalan yang benar.

    salah seorang dosen menasehatkan saat pertama kali kuliah, saat saya masuk ke Geodesi.

    Sampai saat ini, saya memang tersesat di kampus geodesi. Tersesat hampir empat tahun lebih. Dan saat ini sedang mati-matian keluar dari ketersesatan tersebut.

    Oh iya, saya sepertinya juga tersesat di jalan yang benar…..

    alur nya hampir sama denga mu, saudari.

    tidak tahu pada awal (dan sampai sekarang….hoho :lol:), dan sejauh ini sudah banyak ilmu kaguragan yang di dapat.
    Mungkin memang harus segera melepas diri dari kampus, biar segera didarmakan, dibaktikan, ilmu yang sudah ada di otak ini…sebelum semua nya hilang di makan waktu….hohohoho

    *ini ngomong apa sih…hehehe*….

  7. mbak-mbak ayo mbak posting tulisan selanjutnya aku calon mahasiswa KPJ UGM salam kenal…

    oh ya hehe.. lupa terus mau posting lanjutannya ini karena (sok) sibuk nih
    Tapi sebagian dari posting disini tentang spasial ko, kira-kira itu yang selama ini kulakukan selama kuliah di KPJ
    Selamat kuliah :)

  8. aku juga pengen ke kartografi gara2 aku suka jalan2 dan kerja lapangan,,
    tapi yang jadi masalah adalah guru BP ku ribbuuttt banget ada anaknya yang mau masuk kartografi..
    kebetulan saya sekolah di SMA favorit..
    dan bingunglah guru BP gara2 saya mau masukin kartografi di pilian kedua saya…
    tolong jelaskan pada saya soal peluang kerjanya…
    biar saya semakin yakin nii..
    goyah banget saya…

    • sejauh ini lulusan kartografi kurang lebih 50 % berkecimpung didunia konsultan, perdagangan dan jasa, kemudian sisanya jadi PNS. Konsultan yang bergerak dibidang pemetaan yang sering jadi batu loncatan fresh graduated misalnya waindo, exelindo, dsb. Sementara jalur PNS hampir semua departemen membutuhkan sarjana Geeografin (2009 ini : dephut, depkominfo, depPU, DKP, dll). Juga PNS dilingkungan lembaga non departemen misal: Bakorsutanal, , BPN, BPPT, LIPI, LAPAN
      Kira2 begitu, semoga membantu
      Kalau sudah mantep untuk dijadikan pilihan pertama, knp harus pilih yang lain ?
      semangat ya!
      :)

  9. aslmualaikum. salam kenal kak! aku baru aja mampir di postingan ini. Sekarang kelas 3 sma, masih bingung nih kedepannya mau ambil kuliah apa… aku pengen ambil adm.fiskal UGM (tp sebenernya aku gak suka bidang ekonomi) aku lebih prefer ke kebumian (karna suka baca ensiklopedi dunia dan suka liat peta*google earth inspirasinya) nah setelah tau kartograf jadi pengen deh, tp masalahnya jurusanku sekarang ips, dan aku tau kartograf di UGM itu harus IPA, intinya harus IPC kan? tp itu beratt, aku harus belajar double ipa n ips.. Aduhh dilema hahaha… so gimana nih menurut kakak? (saya butuh petuah dari kakak) (:

    i hope in reply of yours

  10. halo aku kelas 12 ni sekarang kak. pertama sih penasaran kartografi dan penginderaan jarak jauh itu apa, tapi setelah baca tulisan kakak jadi cukup tau kayak gimana kuliahannya. jadi bisa ambil keputusan. thanks kak!

  11. selamat siang.. kak, mau tanya.. seandainya nanti undangan ngambil pilihan pertama PWK UGM, kedua KPJ UGM kira- kira menurut kakak gimana? paradoksal banget nggak?

  12. numpang nanya mbak saya sudah mateb milih kartografi (dan sudah milih di snmptn hehe…) mbaknya sekarang kerja dimana y??
    buat tambah gambaran soal KPJ

  13. Kak,, aku bruu aja dinyatakan lolos SNMPTN kpj UGm, tolong dong satu kklimat ajah ,,atw stu kta aja menggambarkan program studi ni.. Karna aku dah cpek jelasin sma saudra2 ku tpi kyaknya mreka blum bgitu pham mngenai jrusan ini. Thx before…:)

    • kak Dominikus selamat yaa. kalo boleh tau nih, biar lolos snmptn kpj ugm nilai kira2 hrus gimana yaa kak? aku sedang brusaha membuat grafik nilai yg stabil hehe. mumpung aku msih kelas 2 SMA awal.

  14. Kak, terimakasih ya buat info di blognya. Alhamdulillah saya juga dinyatakan lolos SNMPTN, nah saya mau minta saran dan sedikit gambaram ke depan ke kakak- kakak, biar lebih mantep. InsyaAllah sebelumnya si udah mantep.
    Dominikus: salam kenal anak KPJ
    Sekali lagi, terimakasih untuk semuanya..

    • Kerka di pemerintahan sejak lulus sampe sekarang, blm pernah kerja di swasta, ga tertarik. Peluang kerja terbuka lebar bahkan kamu bisa bikin peluang kerja buat org lain juga. Gd luck.

    • assalamualaikum kakak :) perkenalkan dulu dong saya Tami siswa kelas 2 SMA tp blum dpet pelajaran kelas 2 soalnya msih libur semester hehe. perkenalkan juga, saya salah satu anak kurikulum 2013 nih huehehe. mungkin kakak lbih tau tentang kurikulum 2013 ini, dimana siswa-siswanya dpt memilih mapel yg mereka minati tetapi dibeda jalur (contoh nih aku jurusan IPA ambil mapel yg diminati geografi), di sekolah ku dikenal dengan sebutan lintas minat. waktu kelas 1 SMA saya ambil lintas minat sastra inggris dan geografi. pada kelas 2 SMA ini hanya boleh mengikuti satu kelas lintas minat. lalu saya ambil geografi karna kecintaan saya dengan luarbiasanya alam semesta ini. geografi selalu mengingatkan ku pada kekuasaan Allah yang Maha luarbiasa. guru geografi ku sangat baik, namanya bu Lintri, ia selalu memotivasi anak didiknya terlbih dahulu sblum memulai pelajaran. aku sering berbincang-bincang dengannya. suatu hari aku mengatakan “aku InsyaAllah sangat minat dengan geografi” lalu bu Lintri memberi saran “ambil jurusan penginderaan jarak jauh di ugm atau ui yg telah terakreditas A”. awalnya aku bingung, apa sih penginderaan jarak jauh. pikir ku sebuah pekerjaan di depan sebuah alat, melihat alam semesta yg luas ini. akhirnya aku tau apa itu jurusan penginderaan jarak jauh berkat bantuan mbah google super haha. ditambah dengan pengalaman kakak yg telah kakak uraikan panjang kali lebar, aku semakin mengerti bagaimana jalan cerita yg harus aku hadapi jika aku mengambil jurusan penginderaan jarak jauh. terkadang yg membuat ku pesimis adalah pesaing2 yg hebat. aku selalu berfikir apakah aku bisa? aku belum pernah meraih ranking 1 di kelas (barangkali Allah memberi kesempatan dilain waktu hehe). aku tidak ahli dalam memecahkan soal fisika ataupun matematika. aku sangat mencintai ilmu alam semesta ini yg luar biasa. nilai diraport ku sampai semester 2 ini utk mapel eksak alhamdulillah cukup stabil dan yg membuat ku senang adalah nilai lintas minat geografi ku menaik, aku sngat bersyukur sekali. karena aku punya impian mengambil jurusan geografi kelak. aku punya banyak pertanyaan sebenarnya tetapi karna aku sudah membaca semua komen yg ada, jd pertanyaan ku sudah dijawab, kak. sama dengan yg lain. menanyakan pesaing, lowong kerja nantinya, dll. maka dari itu saya hanya ingin berbagi cerita. boleh dong kakak menanggapi yg sudah saya ceritakan hehe :D salam kenal kak :) semoga bisa menjd ibu yg membimbing anak2nya menuju ridha Allah yaitu surga ;)

      • Halo Tami Salam kenal. Bagus sekali kl kamu sudah tau apa yg kamu mau dari sekarang. Kedepan jalan ga akan lebih mudah dr yg sekarang, persiapan sedari awal yg akan membuka banyak jalan. Selamat berjuang! :)

  15. mau nanya perbedaan fak geografi dan ilmu lingkungan dengan artografi dan penginderaan jauh itu apa ya? salam kenal….

  16. kak…aku anak ips.tapi aku tertarik kuliah jurusan kartografi. apakah bisa dibantu? soalnya katanya harus ipa ya
    :’)

Leave a Reply

